Selasa 16 Nov 2021 17:51 WIB

Singapura Memperluas Jalur Perjalanan Vaksinasi

Singapura perluas jalur perjalanan vaksinasi dengan Indonesia, India, hingga Qatar

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Bandara Changi Singapura. Singapura perluas jalur perjalanan vaksinasi dengan Indonesia, India, hingga Qatar.
Foto: AP
Bandara Changi Singapura. Singapura perluas jalur perjalanan vaksinasi dengan Indonesia, India, hingga Qatar.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Singapura memperluas skema jalur perjalanan dengan syarat vaksin vaccinated travel lane (VTL) ke beberapa negara. Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan langkah itu akan dimulai pada 29 November.

Mulai 29 November, Singapura akan meluncurkan skema VTL dengan India dan Indonesia. Sementara dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab akan dimulai pada 6 Desember.

Baca Juga

Dalam konferensi pers gugus tugas multi-kementerian Covid-19, Menteri Transportasi Singapura S. Iswaran mengatakan Singapura dan India telah membahas sertifikasi vaksin yang diakui kedua negara. Sejak 12 November lalu India telah mengakui sertifikat vaksin yang dikeluarkan Singapura.

"Ini artinya pelancong yang sudah divaksin lengkap dari Singapura tidak perlu lagi menjalani tes karantina rumah pasca-kedatangan saat masuk ke India. Mereka hanya perlu melakukan pemantauan mandiri selama 14 hari sejak tiba," kata Iswaran seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (16/11).

Kementerian Kesehatan Singapura menambahkan Iswaran juga memperbarui asesmen kesehatan publik dan mulai 19 November akan menaikkan posisi India ke kategori 2.

"Kami sedang berdiskusi untuk memulai kembali layanan pesawat penumpang (dengan India). Hingga hari ini satu-satunya penerbangan dari Singapura yang diizinkan membawa penumpang ke India adalah pesawat sewaan pemerintah dengan misi Vander Bharat," katanya.

Ia menambahkan diskusi dengan India 'berkembang dengan baik'. Mulai 29 November kedua belah ingin mengembalikan penerbangan harian dengan skema VTL dari Chennai, Delhi, dan Mumbai. "Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) akan memberikan detail lebih lanjut ketika sudah selesai," kata Iswaran.

Dia menuturkan skema VTL yang diberlakukan dengan Indonesia sampai saat ini masih unilateral. "Indonesia masih tertutup untuk perjalanan umum tapi mulai membuka perbatasan. Sejak 14 Oktober Indonesia sudah membuka kembali perbatasannya secara sepihak untuk mengizinkan kunjungan dari 19 negara. Kami berharap Indonesia akan membuka perbatasannya untuk pelancong dari Singapura," katanya.

Iswaran mengatakan sebagai permulaan akan ada dua layanan penerbangan harian antara Singapura dan Jakarta. Lalu ditambah menjadi empat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement