Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Pengelola JIS Pasang 500 Single Seat di Tribun Penonton

Selasa 16 Nov 2021 16:41 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Pekerja memasang kursi penonton Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (16/11/2021).

Pekerja memasang kursi penonton Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (16/11/2021).

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ditargetkan sebanyak 25 ribu kursi telah dipasang di JIS pada awal Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola proyek Jakarta International Stadium (JIS) di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut) telah memasang 500 kursi berdesain tunggal (single seat) berwarna oranye di tribun penonton saat memasuki pekan ke-115 pembangunan. Pemasangan kursi itu dilakukan sejak sepekan kemarin.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan, pemasangan tempat duduk ditargetkan sebanyak 25 ribu kursi telah dipasang pada awal Desember 2021. "Kalau total kapasitas stadion kan 82 ribu, kami targetkan, kalau per akhir bulan ini atau awal Desember kami targetkan terpasang kurang lebih 25 ribu. Satu penonton satu tempat duduk," ujar Arry di JIS, Jakut, Selasa (16/11).

Baca Juga

Arry mengatakan, persiapan selanjutnya yang dilakukan Jakpro dan konsorsium meliputi penyelesaian pemasangan atap, fasad, hingga tribun penonton. Selain itu, sebagai stadion multiguna berstandar FIFA, JIS juga memperhatikan sisi pelayanan (hospitality) penonton dengan menyediakan ruangan korporat (corporate box).

Arry mengatakan, apabila penonton tertarik mendapatkan tampilan (view) terbaik untuk menikmati pertandingan sepakbola ataupun nanti pada saat ada konser musik di JIS, masyarakat dapat memesan ruangan korporat yang adanya di lantai lima dan lantai enam sisi timur dan sisi barat stadion.

"Total keseluruhannya ada 52 corporate box di Jakarta International Stadium, masing-masing 13 di sisi timur dan barat stadion, lantai lima, dan lantai enam," tutur Arry.

Peluncuran awal lapangan utama JIS direncanakan bersamaan dengan pertandingan final turnamen persahabatan bertajuk "International Youth Championship 2021" yang menghadirkan tim muda Barcelona, Real Madrid, hingga Juventus.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo atau Jakpro (Perseroda), Widi Amanasto menuturkan, laga persahabatan yang mempertemukan klub kelas dunia asal Spanyol dan Italia dengan tim Indonesia All Stars itu lebih dulu berlangsung di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

"Tapi kelanjutan pertandingan di Bali dilanjutkan di sini. Finalnya, terus perebutan peringkat tiganya juga di JIS. Ada Barcelona, Real Madrid, Juventus, semua U-20," kata Widi saat ditemui di area JIS pada 22 Oktober 2021.

PT Jakpro selaku pelaksana proyek JIS mempersiapkan pembangunan stadion milik warga DKI Jakarta secara simultan dan ditargetkan rampung pada awal 2022. Saat ini, di lapangan utama JIS sudah terpasang rumput hibrida atau perpaduan rumput sintetis dan alami berstandar FIFA, seperti yang terdapat pada dua lapangan latih JIS.

Komposisinya, lima persen adalah rumput sintetis asal Italia berjenis Limonta dan 95 persen rumput alami dengan jenis varietas Zoysia matrella yang didatangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA