Selasa 16 Nov 2021 13:45 WIB

Neymar tak akan Perkuat Brasil di Laga Vs Argentina

Neymar sudah mengemas 7 gol dan 11 assist dari 9 laga Brasil di babak kualifikasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Brasil dan PSG, Neymar Jr.
Foto: AP/Andre Penner
Pemain timnas Brasil dan PSG, Neymar Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Bintang timnas Brasil, Neymar, dipastikan tidak akan disertakan dalam skuad Selecao kala bertandang ke markas Argentina pada matchday ke-14 babak Kualifikasi Piala Dunia Zona CONMEBOL, Selasa (16/11) waktu setempat. Neymar diketahui mengalami cedera paha kiri dalam sesi latihan teranyar tim Samba.

Pemain termahal sejagat itu mengeluhkan rasa sakit di paha kiri pasca-melakoni sesi latihan bersama timnas Brasil di kompleks latihan Palmeiras, Senin (15/11) waktu setempat. Tidak mau mengambil risiko terkait kondisi cedera Neymar, komite teknis timnas Brasil akhirnya memutuskan tidak akan menyertakan bintang Paris Saint Germain (PSG) di laga kontra Argentina.

Baca Juga

''Neymar merasa tidak nyaman dengan kondisi ini. Akibat sempitnya waktu untuk menggelar tes tambahan guna mengetahui secara lebih lanjut kondisi Neymar, komite teknis memutuskan untuk mempertahankan Neymar. Pemain tersebut tidak akan bergabung bersama skuad Brasil di laga selanjutnya, menghadapi Argentina,'' tulis pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), Selasa (16/11).

Rencananya, tim Samba akan bertandang ke Stadion San Juan del Bicentenario guna menghadapi tuan rumah, Argentina. Ini merupakan partai ulangan final Copa America 2021, Juli  lalu. Pada saat itu, Albiceleste sukses membungkam Brasil, yang berstatus sebagai juara bertahan, via gol semata wayang Angel di Maria.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL, baik Argentina maupun Brasil belum mencatatkan satu pun kekalahan. Sementara Brasil mengemas 11 kemenangan dari 12 laga, Albiceleste mengoleksi delapan kemenangan dari 12 laga.

Keunggulan catatan kemenangan itu pun membawa Brasil lebih dulu memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022. Pengoleksi lima gelar Piala Dunia itu berhak maju ke Qatar 2022 usai membungkam Kolombia, 1-0, tengah pekan lalu.

Dengan kemenangan itu, koleksi 34 poin yang telah dikumpulkan Brasil dari 12 laga sudah tidak mungkin lagi dikejar peringkat kelima, yang ditempati Kolombia. Keberhasilan Brasil menjadi tim pertama dari kawasan Amerika Selatan yang melaju ke putaran final Qatar 2022 memang tidak bisa begitu saja dilepaskan dari peran Neymar.

Pemain berusia 29 tahun itu sukses mengemas tujuh gol dan 11 assist dari sembilan penampilan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL, termasuk saat menyumbang assist di laga kontra Kolombia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement