Selasa 16 Nov 2021 12:44 WIB
...

Indonesia Uji Coba Vs Afghanistan demi Angkat Ranking FIFA

Shin kemungkinan akan menggunakan para pemain baru pada laga vs Afghanistan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Foto: Dok PSSI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Indonesia akan melakoni laga uji coba melawan Afghanistan di Gloria Sports Arena, Antalaya, Turki, Selasa (16/11) malam WIB. Meski hanya uji coba, pelatih timnas Shin Tae-yong menargetkan kemenangan pada laga tersebut karena akan memengaruhi posisi Indonesia di peringkat Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Afghanistan saat ini berada di peringkat ke-152, sementara Indonesia bertengger di posisi ke-165. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap Shin Tae Yong dan tim asuhannya bisa menaklukkan Afghanistan agar posisi Indonesia bisa masuk peringkat 150-an sebelum pergantian tahun.

Baca Juga

Indonesia sudah mempersiapkan diri sejak tiba di Turki pada Jumat (12/11). Segala persiapan ini dilakukan Indonesia jelang mengikuti turnamen Piala AFF 2020.

Shin mengungkapkan bahwa pemainnya tidak ada yang cedera menjelang pertandingan nanti. Ia memastikan Skuad Garuda memiliki kemauan yang sangat tinggi untuk menunjukkan performa terbaik melawan Afghanistan.

"Memang tidak ada yang cedera, walaupun perjalanan jauh membuat kondisinya capek tapi kemauan dari pemain sangat tinggi. Jadi mungkin bisa menunjukkan performa yang terbaik di pertandingan nanti," kata Shin sebelum pertandingan, Senin (15/11).

Skuad Garuda meraih dua kemenangan, satu kali imbang, dan dua kekalahan pada lima laga terakhir. Indonesia menang dua kali beruntun pada dua laga terakhir melawan Taiwan masing-masing dengan skor 3-0 dan 2-1. Sebelumnya, skuad Garuda kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab, 0-4 dari Vietnam, dan imbang 2-2 melawan Thailand pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin mengungkapkan skuad Garuda telah memiliki progres yang baik sejauh ini. Dia mengungkapkan dua kemenangan melawan Taiwan sebelumnya telah menumbuhkan kepercayaan diri para pemain.

"Setelah menang melawan Taiwan itu sangat baik, mulai dari suasana dan juga percaya diri dari pemain pun memang sangat tinggi. Jadi dari feelnya sangat dapat dan juga sangat baik suasana semuanya," jelas pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin mengatakan, komunikasi satu sama lain kian membaik dan itu menjadi peran penting dalam meningkatkan kepercayaan diri para pemain. Selain kemenangan, ia juga ingin melihat bagaimana performa tim asuhannya untuk menilai apakah pemain bisa menerapkan permainan yang diinginkan.

Dengan hadirnya beberapa nama baru pada training centre (TC) kali ini juga menjadi kesempatan untuk bermain pada laga kontra Afghanistan. Shin juga mengungkapkan bahwa kemungkinan akan menggunakan pemain-pemain baru pada laga berikutnya. "Mungkin akan ada pemain-pemain baru yang akan dimainkan untuk pertandingan berikutnya," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement