Selasa 16 Nov 2021 06:59 WIB

Kenang Jasa Guru, Paman Birin Nyanyikan Lagu Hymne Guru

Guru memiliki jasa luar biasa bagi dunia pendidikan dan pembentukan pribadi siswa

 Pada momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyanyikan lagu Hymne Guru.
Foto: Pemprov Kalsel
Pada momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyanyikan lagu Hymne Guru.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Pada momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyanyikan lagu Hymne Guru.

Momen ini sontak diikuti dan dinyanyikan bersama oleh seluruh tamu undangan yang hadir pada Peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Provinsi Kalsel, Senin (15/11) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Baca Juga

Bagi Gubernur yang akrab disapa Paman Birin, lagu Hyme Guru ini sangat luar biasa, memiliki makna yang mendalam bagi dirinya. Karena guru memiliki jasa yang luar biasa bagi dunia pendidikan dan pembentukan pribadi siswa.

"Bagi saya, guru sangat luar biasa. Jasa-jasanya tidak akan pernah dilupakan. Saya dan kita semua yang berada di sini, tidak lepas dari peran dan jasa dari seorang guru," ucapnya seperti dikutip dari siaran persnya, Selasa (16/11).

photo
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memberi penghargaan untuk perwakilan guru pada momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Hotel Rattan Inn Banjarmasin. - (Pemprov Kalsel)

 

Di momen ini pula, Paman Birin teringat waktu menjadi siswa SMP. Ia bercerita perjuangan untuk sekolah meski dengan keterbatasan ekonomi kelyarganya.

Paman Birin bercerita, setiap hari diberi uang jajan sekolah oleh orang tuanya sebesar Rp 50 sementara ongkos pergi ke selolah yang pada waktu itu naik getek sebesar Rp 25 jadi pulang pergi Rp 50, sehingga uang jajannya hanya cukup untuk biaya transportasi.

Namun berkat kegigihannya dan tekadnya untuk mengenyam pendidikan, Paman Birin tetap bersekolah. Ia tidak segan untuk membantu para gurunya mengerjakan sesuatu.

"Alhamdulillah, berkat saya rajin membantu guru, terkadang saya dapat uang jajan dari guru, bahkan SPP saya dibayarkan oleh guru," kenangnya.

Paman Birin berharap, momen peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 tingkat Provinsi Kalsel, dapat menjadi semangat bagi para guru untuk terus mengabdi dan mendidik generasi banua.

Paman Birin juga terus mendorong kesejahteraan bagi para guru, khususnya bagi guru honorer maupun PTT. Salah satunya bekeja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan bagi para guru honorer dan PTT yang tergabung dalam PGRI Provinsi Kalsel dan dalam naungan Dinas Pendidikan Provinsi  Kalsel.

Sementara Ketua PGRI Provinsi Kalsel, HM Hatta HS menyampaikan terima kasih atas kepedulian Paman Birin terhadap para guru. Ia bersama anggota akan terus berupaya untuk mengingkatkan kesejahterana dan profesionalitas para guru di Kalsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement