Selasa 16 Nov 2021 03:39 WIB

Warga Menonton dari Bukit Ajang IATC di Sirkuit Mandalika

Kasatlantas mengeklaim, balapan di Mandalika sebagai tanda kebangkitan ekonomi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah pembalap melaju pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/11/2021).
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Sejumlah pembalap melaju pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/11/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Antusiasme masyarakat Kabupaten Lombok Tengah dan sekitarnya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTT) untuk menonton secara langsung ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) di Sirkuit Mandalika, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, cukup tinggi.

Foto warga yang rela menonton dari atas bukit dan pohon serta kendaraan yang ada di area Sirkuit Pertamina Mandalikaitu pun viral setelah menyebar di media sosial (medsos). "Antusiasme warga cukup banyak yang datang menonton di IATC," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) NTB, Moh Faozal, Senin (15/11).

Baca Juga

Tingginya minat warga NTB untuk menonton balapan itu juga bisa dilihat dari arus lalu lintas kendaraan di jalan bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika, yang sempat mengalami kemacetan cukup panjang selama berlangsungnya ajang IATC di Sirkuit Mandalika.

"Padat merayap akses jalan dari bandara menuju Sirkuit Mandalika," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lombok Tengah, AKP Donny Wira Setiawan di Praya, Kabupaten Lombok Tengah menambahkan.

Untuk mengurangi kemacetan kendaraan warga yang pergi untuk menonton ajang balapan MotoGP junior di Sirkuit Mandalika tersebut, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas. "Untuk antisipasi kemacetan, kita berlakukan sistem buka tutup," tutur Donny.

Setelah diberlakukan sistem buka tutup jalan, arus lalu lintas dari bandara menuju Mandalika telah normal kembali dan sebaliknya, dari Mandalika menuju Bandara Lombok tetap lancar. "Ini tanda-tanda kebangkitan ekonomi masyarakat dengan adanya ajang balapan di Sirkuit Mandalika," ucap Donny mengeklaim.

Pemerintah daerah bersama penyelenggara memberikan tiket gratis bagi warga NTB untuk menyaksikan balapan IATC dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement