Senin 15 Nov 2021 20:57 WIB

Tingkatkan Mutu, Universitas BSI Gelar FGD Bersama Preinexus

Hasil MoU, perjanjian kerja sama (PKS) dan Implementasinya berupa seminar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui program studi (prodi) Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) sukses menyelenggarakan kegiatan uji profisiensi Sistem Basis Data melalui Forum Group Discussion (FGD)
Foto: istimewa
Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui program studi (prodi) Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) sukses menyelenggarakan kegiatan uji profisiensi Sistem Basis Data melalui Forum Group Discussion (FGD)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui program studi (prodi) Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) sukses menyelenggarakan kegiatan uji profisiensi Sistem Basis Data melalui Forum Group Discussion (FGD). Dalam kegiatan ini, menggandeng mitra yakni, PT Andromeda Sinegri Komputasi (Preinexus) sebagai penyelenggara profesional terhadap keahlian dalam bidang sistem basis data. 

Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021, lalu, pukul 10.00-12.00 WIB, dan dihadiri  Dr Heni Jusuf, perwakilan dari Preinexus. Sedangkan dari Universitas BSI dihadiri oleh ketua prodi (kaprodi) dan dosen dari masing-masing prodi. Kegiatan FGD ini dipimpin oleh Sriyadi, selaku kaprodi Sistem Informasi. 

Baca Juga

Sriyadi mengatakan, beberapa hal penting yang didiskusikan yaitu review pelaksaanan MoU 2019/2020, teknis pelaksanaan uji profisiensi tahun 2021, dan pembahasan format dokumen kerja sama terbaru.  “Kegiatan FGD ini untuk meningkatkan semangat mahasiswa, serta menambah pengetahuan bidang sistem basis data,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (15/11).

Setelah kegiatan ini, katanya ia mengusulkan adanya implementasi kerja sama melalui kegiatan seminar sebagai pendukung uji profisiensi.  “Dengan seminar, maka mahasiswa akan semakin bertambah pengetahuannya di bidang sistem basis data, sebagai tambahan pengetahuan di luar jam kuliah dan bekal mahasiswa di masa mendatang,” katanya.

Ia juga menegaskan kembali perlunya peningkatan sharing modul sistem basis data dari preinexus untuk dipergunakan dalam penguatan materi mata kuliah yang ada di lingkungan Universitas BSI.“Adanya FGD ini akan meningkatkan pengembangan kokurikuler prodi melalui pelaksanaan seminar, worskhop dan uji profisiensi sistem basis data pada tahun 2021,” tuturnya.

Sementara itu, Abdussomad selaku kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang menyampaikan hasil MoU, perjanjian kerja sama (PKS) dan Implementasinya berupa seminar. 

“LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai partner prodi dalam melaksanakan kegiatan ini membeberkan data peserta sementara sebanyak 486 mahasiswa,” ungkapnya.

“Untuk pelaksanaan kegiatan direncanakan pada 25 November 2021, mendatang berupa seminar dan workshop untuk prodi Sistem Informasi (SI), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), serta Sistem Informasi Akuntansi (SIA),” tandasnya.

Imbuhnya, untuk pelaksanaan uji profisiensi diagendakan pada 5 Desember 2021 mendatang, untuk prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) akan melaksanakan kegiatan workshop pada 20 Januari 2022, tahun depan dan uji profisiensi pada 22 Januari 2022 tahun depan. 

Selanjutnya, ketua prodi  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menyebutkan, kesepakatan yang telah terjadi selama ini antara prodi Sistem Informasi (SI) dengan Preinexus mempunyai kesamaan dengan prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). “Sinergi dengan prodi SI, prodi RPL turut medukung kerjasama ini, sebagai bahan mengupgrade pengetahuan mahasiswa di bidang sistem basis data,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Dewi Ayu Nur Wulandari, ketua prodi Sistem Informasi kampus Bogor, menegaskan perlunya distribusi dokumen sertifikat yang sudah diperoleh mahasiswa yang difasilitasi oleh Preinexus. “Selain ilmu pengetahuan yang bermanfaat, mahasiswa sebagai peserta juga memerlukan sertifikat hasil kegiatan, guna sebagai bukti keaktifannya ikut kegiatan ini,” ucapnya.

Di FGD ini, Dr Heni Jusuf menuturkan akan senantiasa memberikan yang terbaik pada setiap tahapan yang akan diselenggarakannya uji profisiensi termasuk support dalam kegiatan seminar. “Semoga apa yang disepakati bersama ini, dapat berjalan dengan lancar dan menjadi manfaat buat bersama,” tuturnya. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement