Selasa 16 Nov 2021 01:05 WIB

Beragam Kekacauan Iklim di Timur Tengah

Timur Tengah berada dalam siaga tinggi karena rentetan cuaca ekstrem.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Helikopter tentara Lebanon terbang di atas kebakaran hutan
Foto: AP/Hussein Malla
Helikopter tentara Lebanon terbang di atas kebakaran hutan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Selama akhir pekan, masyarakat Timur Tengah berada dalam siaga tinggi karena rentetan cuaca ekstrem. Sejumlah negara berjuang menghadapi kondisi ekstrem. Banyak orang yang mengunggah foto dan video di sosial media. Berikut bencana alam yang berlangsung selama akhir pekan, seperti dilansir Middle East Eye, Senin (15/11):

1. Kebakaran hutan di Lebanon

Baca Juga

Menurut pihak berwenang Libanon, kebakaran yang terjadi pada Sabtu malam, telah menewaskan sedikitnya satu orang yang merupakan pekerja asing. Dia meninggal setelah kebakaran mencapai sebuah gudang di kota Jdeideh, utara Beirut.

Perdana Menteri Lebanon, Najib Mikati, memerintahkan pihak berwenang dan tentara untuk segera mengambil tindakan dalam mengatasi kebakaran. Api yang dikaitkan dengan suhu tinggi menyebar ke beberapa daerah pegunungan dan dalam beberapa kasus membakar daerah pemukiman di desa-desa terdekat.

Menurut media lokal, pasukan pertahanan sipil dan sukarelawan telah berusaha memadamkan api dan menahannya agar tidak menyebar sejak Sabtu malam. Kecepatan angin yang tinggi membuat api semakin meluas.

2. Gempa di Iran

Masyarakat Iran pada Ahad terpaksa meninggalkan rumah mereka ketika terjadi dua gempa bumi. Menurut stasiun televisi pemerintah, gempa menyebabkan satu orang tewas. Gempa bumi yang melanda Iran selatan dekat pelabuhan Bandar Abbas berkekuatan 6,3 dan 6,4 SR. Getaran bisa dirasakan hingga Dubai di Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi.

3. Serangan kalajengking di Mesir

Warga Mesir di kota selatan Aswan menyelamatkan diri saat gerombolan kalajengking mengambil alih kota. Insiden tersebut menewaskan tiga orang dan sedikitnya melukai 400 orang. Kalajengking terlihat membanjiri jalan dan rumah penduduk karena mencari perlindungan dari kondisi cuaca yang ekstrem.

Gubernur Aswan, Ashraf Attia, telah membatasi perjalanan dan lalu lintas. Warga diimbau untuk tinggal di rumah dan menghindari tempat-tempat yang diisi pohon dan mengemudi di jalan raya.

4. Guntur dan banjir di Arab Saudi

Penurunan suhu di Arab Saudi telah mengakibatkan banjir di banyak bagian Jeddah. Curah hujan yang konstan dalam beberapa hari terakhir telah membuat perjalanan sulit bagi penduduk. Banyak video yang dibagikan tentang jalan raya yang terendam banjir.

Saudi telah menggunakan tagar #جده_الان (Jeddah sekarang) untuk berbagi video tentang kondisi cuaca ekstrem. Meskipun bukan hal yang aneh bagi Arab Saudi untuk mengalami hujan lebat selama tahun ini, badai petir telah mengejutkan banyak orang karena jalan-jalan ditutup yang membuat orang tidak dapat bepergian dengan mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement