Selasa 16 Nov 2021 06:30 WIB

Asam Urat Sering Kambuh, Apa yang Harus Dilakukan?

Asam urat biasanya terjadi pada pria seiring bertambahnya usia.

Rep: Rahma Sulistya, Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri (ilustrasi). Ketika asam urat kambuh di bagian kaki, orang akan merasakan nyeri hingga sulit berjalan.
Foto: flickr
Nyeri (ilustrasi). Ketika asam urat kambuh di bagian kaki, orang akan merasakan nyeri hingga sulit berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, mungkin setiap orang akan mengalami gejala asam urat. Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengurangi risikonya.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan. Penyakit yang juga dikenal sebagai gout atau artritis gout ini biasanya terjadi pada pria seiring bertambahnya usia.

Baca Juga

Gout disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Semua orang menciptakan urat ketika memecah purin (bahan kimia dari makanan tertentu), tetapi kadar urat yang tinggi dapat membentuk kristal mono sodium urat.

Dalam jangka panjang, kristal mono sodium urat terbentuk dan mengendap di dalam dan di sekitar sendi, membuatnya terasa sangat menyakitkan. Kristal mono sodium urat yang tajam jatuh ke dalam ruang di antara dua kecokelatan sendi, di mana mereka bergesekan dengan sinovium (lapisan lunak sendi).

Inilah yang dikenal sebagai serangan asam urat. Ketika mengalami gejala asam urat, haruskah berhenti beraktivitas?

Intensitas serangan asam urat dapat bervariasi dari orang ke orang. Bagi sebagian orang yang menderita asam urat di kaki, jari kaki, atau pergelangan kaki, sepertinya tidak mungkin untuk berjalan.

Menurut NHS, jika mengalami serangan asam urat, cobalah untuk beristirahat dan mengangkat area yang terkena. NHS juga menyarankan agar tidak memberi tekanan pada sendi.

Artinya, jangan berjalan jika asam urat kambuh di bagian kaki. Lain halnya jika asam urat terjadi di bagian tubuh lain. Penderita asam urat bisa berjalan dan melakukan aktivitas sehari-hari, selama itu tidak memperburuk sendi yang terkena.

Kelebihan berat badan dapat memperbesar risiko asam urat. Berjalan adalah cara yang bagus untuk tetap langsing sekaligus mengurangi risiko gout.

Asam urat harus ditangani dengan baik agar tak terus-terusan mengganggu. Dikutip dari laman Express UK, NHS merekomendasikan mengambil langkah-langkah berikut saat asam urat kambuh:

- Minum obat yang telah diresepkan

- Jaga agar sendi tetap dingin menggunakan handuk dingin atau kompres es

- Minumlah banyak air, kecuali jika seorang profesional medis melarang

- Jaga agar area yang terkena itu berventilasi baik di malam hari (hindari menutupinya dengan piama atau selimut tebal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement