Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Bungkam Portugal di Lisbon, Serbia Lolos ke Piala Dunia 2022

Senin 15 Nov 2021 04:55 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Serbia Dragan Stojkovic.

Pelatih Serbia Dragan Stojkovic.

Foto: EPA-EFE/Andrej Cukic
Portugal sebenarnya unggul lebih dulu.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Serbia berhasil meraih tiket ke Qatar, usai menaklukkan tuan rumah Portugal pada partai pamungkas di Grup A, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Skuad polesan Dragan Stojkovic unggul tipis, 2-1 atas Selecao das Quinas di Estadio da Luz, Lisbon, Senin (15/11) dini hari WIB. 

Sang pemilik arena unggul cepat pada menit kedua lewat gol Renato Sanches. Tersengat situasi tersebut kubu tamu merespon. Sekitar 10 menit kemudian, the Eagles nyaris menyamakan kedudukan.

Baca Juga

Adalah Dusan Vlahovic yang mendapat peluang emas di depan gawang Selecao das Quinas. Sayang, tendangan penyerang klub Fiorentina itu melambung dari sasaran. Anak asuh Stojkovic meningkatkan intensitas serangan.

Portugal nampak tenang meladeni tekanan Serbia. Bernardo Silva dan rekan-rekan berupaya menguasa bola senyaman mungkin. Sesekali mereka melancarkan serangan balik.

Sejak memasuki menit ke-20, tim tamu terus menebar ancaman. Pada menit ke-27, sebuah tendangan bebas yang dilesakkan salah seorang penggawa the Eagles mengarah ke gawang tuan rumah. Kali ini Rui Patricio, sigap menangkap bola yang datang.

Terus menyerang, Serbia akhirnya menyamakan kedudukan. Pada menit ke-33, tendangan Dusan Tadic sulit diantisipasi Patricio. Pasukan Stojkovic semakin bersemangat.

Tiga menit berselang, tim tamu mendapat peluang emas lewat tendangan bebas. Sepakan Sergej Milinkovic-Savic tepat mengarah ke pelukan Patricio.  Setelahnya, kedua tim jual beli serangan.

Namun di sisa waktu, tak ada penambahan gol. Kedudukan imbang 1-1 ini, bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, intensitas pertandingan meningkat. Pada menit ke-51, Sanches nyaris membuat Portugal kembali unggul. Berawal dari serangan balik, penggawa klub Lille itu melakukan penetrasi ke lini belakang lawan dan melepaskan tembakan. 

Beruntung bagi the Eagles. Bola yang hampir memasuki gawang Predrag Rajkovic, dijauhkan oleh para pemain bertahan tim tamu. Sanches kembali memiliki peluang emas pada menit ke-62. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, masih bisa diamankan Rajkovic.

Serbia tidak menunjukkan agresivitas yang sama seperti pada babak pertama. Nampaknya anak asuh Stojkovic mulai kehabisan bensin. Tepatnya di sisa 15 menit menjelang waktu normal berakhir.

Meski demikian, pada menit ke-83, kubu tamu sempat mengancam lewat tandukan Aleksandar Mitrovic. Namun bola bergulir samping kiri gawang Patricio. Di luar dugaan pada menit ke-90, the Eagles berbalik unggul.

Baca juga : Brimob Akan Perbesar Kekuatan di Natuna

Berawal dari umpan silang Tadic dari sisi kanan penyerangan timnya. Bola yang datang disambar Mitrovic dengan sundulan, merobek jala Patricio. Skor 2-1 untuk Serbia bertahan hingga duel berakhir.

Hasil ini membuat tim tamu naik ke puncak klasemen akhir Grup A. Selecao das Quinas harus puas mengakhiri kualifikasi di posisi runner up, dan bakal tampil di babak play off.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA