Senin 15 Nov 2021 04:42 WIB

Sergio Sanjaya Juara 1 Lomba Menembak Dankormar Cup 2021

Siswa kelas 5 SD, Sergio bersyukur bisa juara karena menjadi peserta paling kecil.

Atlet muda Sergio Sanjaya (12 tahun) juara 1 lomba menembak Dankormar Cup 2021 sesi tembakan reaksi.
Foto: Ist
Atlet muda Sergio Sanjaya (12 tahun) juara 1 lomba menembak Dankormar Cup 2021 sesi tembakan reaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet muda Sergio Sanjaya (12 tahun) kembali meraih prestasi membanggakan. Siswa kelas 5 sekolah dasar (SD) ini menjadi juara 1 dalam kejuaraan menembak Komandan Korps Marinir (Dankormar) Cup 2021 yang diadakan di Lapangan Tembak Jusman Puger, Kesatrian Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Ahad (14/11).

Sergio yang menjadi 'kuda hitam' dalam kejuaraan tersebut mampu menunjukkan capaian gemilang. Kelihaiannya dalam urusan menembak mendapat hasil maksimal di salah satu ajang resmi dan bergengsi di Indonesia tersebut.

Baca Juga

"Saya bersyukur akhirnya bisa meraih juara pertama, dan saya termasuk peserta paling kecil di kejuaraan. Ini akan menjadi modal saya untuk di pertandingan lainnya," kata Sergio kepada wartawan.

Anak kelahiran Solo, Jawa Tengah, pada 9 September 2009 ini, awalnya kurang diperhitungkan dalam kejuaraan menembak Dankormar Cup 2021 di kelas junior. Para peserta yang lain pun akhirnya dibuat terdiam ketika sesi tembakan reaksi, Sergio hanya membubuhkan waktu sembilan detik. Dia pun dinobatkan menjadi yang terbaik di ajang itu.

Wakil Dankormar Brigjen (Mar) Endi Supardi menuturkan, lomba menembak sebagai wadah yang dapat digunakan bagi para prajurit dan pecinta olahraga menembak dari masyarakat umum, sebagai tolok ukur kemampuan. Ajang ini juga bisa dimanfaatkan untuk menggali pengalaman serta bertukar informasi perkembangan didalam upaya meningkatkan prestasi menembak.

"Lomba menembak Dankormar Cup tahun 2021 itu digelar sebagai rangkaian dari memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Kegiatan ini diikuti 989 orang peserta dari TNI, Polri, dan masyarakat umum yang tergabung dalam klub menembak di jajaran Perbakin," ucap Endi.

Adapun kelas yang dipertandingan di Dankormar Cup, antara lain menembak pistol meliputi pistol presisi dan eksklusif, serta pistol reaksi IPSC dan non-IPSC. Kemudian, menembak sniper atau HPR (high power rifle) perorangan dan beregu 100 meter, 300 meter, dan 400 meter, serta air rifle atau PCC (pre charged pneumatic) benchrest 25 meter, multirange (18, 27, 33, 44) berdiri, serta benchrest 41 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement