Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RISNAWATI RIDWAN

3 Tipe Orang Berdasarkan Cara Menyimpan Nama di Kontak Ponsel

Gaya Hidup | Saturday, 09 Oct 2021, 23:20 WIB
sumber foto :

Sejak alat yang disebut ponsel diciptakan, metode penyimpanan telah berubah menjadi lebih mudah dan canggih. Sebelum itu, kita harus menulis nomor kontak di kertas, bahkan ada masanya muncul buku catatan kecil khusus menyimpan nomor telpon. Walaupun pada masa itu nomor telpon yang disimpan adalah nomor telpon rumah atau kantor.

Namun semakin lama hidup ini semakin dipermudah dengan adanya peralatan canggih yang diciptakan oleh manusia. Sistem penyimpanan juga mengalami perubahan. Dengan satu alat kita dapat menyimpan banyak hal.

Penyimpanan nama kontak di ponsel juga mengalami perubahan. Pada awal munculnya ponsel, kapasitas ponsel membatasi satu nama satu nomor. Dan sekarang kita bisa menyimpan kontak satu nama dengan beberapa nomor telpon bahkan identitas lainnya seperti email, alamat, hubungan, situs web bahkan juga bisa memuat nama fonetik.

Nama-nama yang tersimpan dalam ponsel biasanya sangat erat kaitannya dengan status dan hubungan personal mereka dengan kita. Biasanya nama-nama tersebut akan menunjukkan cara kita memanggilnya dalam kehidupan nyata. Misalnya nomor ponsel orang tua, kita akan menyimpan dengan sebutan “mama, papa, ayah, bunda” dan sejenisnya. Dari sebutan nama kontak di ponsel dapat kita bedakan tipe-tipe orang tersebut.

1. Si Rapi

Tipe ini menyimpan kontak biasanya dengan memakai latar belakang dari orang tersebut dan mengelompokkan sesuai latar belakang. Latar belakang ini bisa jadi teman sekantor, teman sepermainan, teman sekolah, teman kuliah bahkan sekedar teman hang out saja.

Bagi si Rapi, pengelompokan ini untuk memudahkannya mencari nama berdasarkan pengelompokan saja. Apalagi jika nama-nama yang sangat umum dipastikan memerlukan penentuan masuk ke cluster yang mana. Sebagai contoh, nama Agus, si Rapi akan menyimpan dengan nama SMA Agus untuk teman sekelas di SMAnya dulu, futsal Agus untuk teman seklub, selebgram Agus jika mempunyai kenalan yang telah menjadi selebgram, dan bakso Agus jika si Agus ini merupakan juragan bakso langganan.

2. Si Profesional

Bagi si Profesional, nama yang diberikan pada kontak di ponselnya adalah nama lengkap. Alasannya adalah biar tidak alay jika sewaktu-waktu orang lain meminta nomor kontak orang lain. Banyak kejadian nama kontak yang sangat personal dan saat dikirimkan kepada orang lain akan membuat orang menerima menjadi salah tingkah sendiri.

Saya pernah meminta nomor kontak suami seorang teman untuk kebutuhan pekerjaan. Kebetulan suaminya seorang dosen yang akan menjadi narasumber pada pelatihan yang diadakan di kantor saya. Teman saya mengirim kontak suaminya tanpa merubah tampilan nama. Nama yang tercantum memang mesra dan pantas-pantas saja, tetapi karena untuk kebutuhan pekerjaan, nama tersebut terlihat alay dan tidak sedap dipandang mata untuk standar profesional.

Secara sekilas, si Rapi dan si Profesional terlihat sama, tetapi beda. Si Rapi menyimpan berdasarkan pengelompokan, sedangkan si Profesional menyimpan berdasarkan dokumen kependudukan artinya nama yang dipakai adalah nama lengkap bukan nickname atau nama kesayangan.

Biasanya, bagi si Profesional, identitas lainnya juga akan tersimpan dalam kontak tersebut seperti alamat surel, nomor alternatif atau identitas lainnya yang berkaitan dengan keprofesional seseorang tersebut.

3. Si Sederhana

Tipe ini adalah tipe yang biasa kita jumpai. Menyimpan kontak di ponsel sesuai dengan panggilannya dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang dipanggil dengan sebutan pak, bu, mbak, mas, kak, bang maka akan disimpan namanya sesuai dengan panggilan sehari-hari. Misalnya Bang Fauzi, Mas Watno, Bu Risma, Pakde Widodo, Kak Selly dan sebagainya.

Si Sederhana biasanya juga menyimpan dengan metode satu nomor satu kontak. Walaupun sering kali orang telah mempunyai dua atau lebih nomor ponselnya. Tipe ini bisa juga menyimpan dengan nama dan nomor urut seperti Mas Bagus 1, Mas Bagus 2 atau menyebutkan merek dari jenis kartu seluler yang digunakan. Hal ini untuk memudahkan nomor mana yang sering aktif dan digunakan.

Nah, dari tiga tipe orang dilihat dari cara menyimpan kontak diponselnya, tipe apakah kamu semua?

Sumber Foto : https://www.google.com/search?q=foto+ponsel&tbm=isch&ved=2ahUKEwj2z6rz3L3zAhWdK7cAHYG2B5wQ2-cCegQIABAA&oq=foto+ponsel&gs_lcp=CgNpbWcQARgAMgQIABAeMgYIABAIEB4yBggAEAgQHjIGCAAQCBAeMgYIABAIEB4yBggAEAgQHjIGCAAQCBAeOgcIIxDvAxAnOggIABCABBCxAzoLCAAQgAQQsQMQgwE6BQgAEIAEUObyAVin_wFgzJcCaABwAHgAgAG0AYgBuQaSAQMwLjaYAQCgAQGqAQtnd3Mtd2l6LWltZ8ABAQ&sclient=img&ei=KcBhYbaXJJ3X3LUPge2e4Ak&rlz=1C1CHBD_enID895ID895#imgrc=dfGejnT6R-bZYM

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image