Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

NYT Ungkap Serangan AS Tewaskan Puluhan Warga di Suriah

Ahad 14 Nov 2021 10:15 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah

Jet tempur AS ikut operasi menyerang ISIS di Kota Tikrit, Irak.

Jet tempur AS ikut operasi menyerang ISIS di Kota Tikrit, Irak.

Foto: Reuters
Militer AS meragukan klaim 60 warga sipil tewas akibat serangan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON --- Laporan dari New York Times (NYT), Sabtu (13/11) mengatakan, Pentagon menutupi serangan udara pada 2019 di Suriah yang menewaskan hingga 64 wanita dan anak-anak. AS mengonfirmasi serangan tersebut, tapi tidak meyakini jumlah korban sipil mencapai 60 orang.

"Dua serangan udara berturut di dekat kota Baghuz diperintahkan oleh unit operasi khusus Amerika rahasia yang ditugaskan untuk operasi darat di Suriah," kata laporan NYT seperti dikutip laman Middle East Eye, Ahad (14/11).

Baca Juga

NYT mengatakan, bahwa Komando Pusat Amerika Serikat (AS) mengakui serangan itu untuk pertama kalinya pada pekan ini. Dalam sebuah pernyataan Sabtu (13/11), Komando Pusat AS yang mengawasi operasi udara AS di Suriah mengoreksi pernyataan laporan NYT.

Pihaknya mengatakan, bahwa 80 orang tewas dalam serangan tersebut termasuk 16 milisi kelompok ISIS dan empat warga sipil. Militer mengatakan, tidak jelas apakah 60 orang lainnya adalah warga sipil atau bukan sebab sebagian karena perempuan dan anak-anak bisa menjadi kombatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA