Sabtu 13 Nov 2021 23:30 WIB

Koordinator Posko Relawan 01: Jangan Buat Gaduh saat Pandemi

Ia meminta relawan tidak menganggu kinerja Jokowi dan para menterinya.

Presiden Joko Widodo bersiap meninggalkan tempat usai menghadiri Upacara Penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021)
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Presiden Joko Widodo bersiap meninggalkan tempat usai menghadiri Upacara Penutupan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kritikan yang muncul dari pihak yang menyebut pendukung lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai harus murni untuk mengawal kepentingan visi dan misi presiden. Koordinator Posko Relawan 01 Jokowi – KH. Ma’ruf Amin (Jokowi-Amin), Andrew Parengkuan, menduga kritik dari relawan Jokowi belakangan ini bermuatan kepentingan tertentu. 

Ia mengatakan, seharusnya relawan mengawal kepentingan visi-misi Jokowi. Bukan sebaliknya, kata dia, malah tajam untuk kepentingan tertentu yang diduga demi menggoyang kursi menteri.

Baca Juga

"Selama dua tahun periode kedua ini, kami melihat terdapat oligarki relawan karena, kepentingan-kepentingan tertentu melemparkan isu yang kontraproduktif terhadap usaha-usaha pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19. Termasuk isu minta reshuffle kabinet serta masalah naik-turunnya harga PCR Covid-19,” kata Andrew dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (13/11). 

Andrew menilai, pemerintahan Jokowi periode kedua yang telah berjalan selama dua tahun  satu bulan sudah maksimal mengatasi Pandemi Covid-19. Apalagi di masa periode jabatan Jokowi yang kedua ini, seluruh dunia termasuk Indonesia dilanda pandemi, tapi NKRI bisa memulihkan keadaan ekonomi kembali baik.

“Pemerintahan Jokowi telah menangani pandemi dengan baik, sehingga menjadi salah satu negara yang terbaik dalam menangani pandemi. Selain itu, Pemerintahan Jokowi saat ini telah berhasil menjaga kestabilan ekonomi maupun politik, walaupun terdapat ancaman resesi ekonomi yang besar pascapandemi Covid-19,” kata Andrew. 

Oleh karena itu, ia berharap Presiden Jokowi menyoroti relawan-relawan yang malah membuat gaduh. Pihaknya juga meminta Jokowi dan kabinetnya tetap bekerja lebih baik dengan segala dinamika yang terjadi saat ini.

"Karena ada yang tidak mau Jokowi meninggalkan legacy yang baik untuk bangsa ini. Saya minta, pada seluruh jaringan relawan Jokowi, jangan merusak nama baik relawan dengan meminta-minta jabatan atau menganggu kinerja Jokowi dan para menterinya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement