Sabtu 13 Nov 2021 23:27 WIB

BLI PIP Perluas Penyaluran Pinjaman Sektor Pertanian

Untuk menuju korporasi petani, pemerintah memberi dukungan pinjaman.

Sektor pertanian (ilustrasi). BLU PIP memperluas penyaluran pinjaman sektor pertanian di Magelang.
Foto: istimewa
Sektor pertanian (ilustrasi). BLU PIP memperluas penyaluran pinjaman sektor pertanian di Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperluas penyaluran pinjaman Ultra Mikro dan Kredit Usaha Rakyat di sektor pertanian di Kabupaten Magelang.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara saat sosialisasi edukasi dan perpajakan bersama Gabungan Petani Organik (GUPON) Sekarlangit, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Sabtu (13/11), mengatakan, pemerintah mendorong korporatisasi petani sehingga petani bisa lebih sejahtera. "Untuk menuju ke sana, para petani memerlukan dukungan pembiayaan sehingga pemerintah juga hadir memberikan solusi pembiayaan," kata Suahasil.

Baca Juga

Dia mengatakan, BLU PIP bersinergi bersama Kementerian Pertanian dan Direktorat Jenderal Pajak dalam menyampaikan sosialisasi ini. Selain kemudahan permodalan, kata dia, perpajakan juga menjadi salah satu hal yang perlu mendapat perhatian.

"Pemerintah telah memberikan fasilitas kemudahan dan insenrif pajak bagi UMKM, khususnya di masa pandemi ini," kata Suahasil.

Ia menjelaskan, ketika pelaku UMKM sudah mulai berkembang dan memperluas usahanya, maka pemenuhan kewajiban perpajakan harus dilakukan agar kerja sama bisnis dengan perusahaan skala menengah atau besar bisa dilakukan.

BLU PIP mencatat hingga saat ini penyaluran pinjaman Ultra Mikro di sektor pertanian di Kabupaten Magelang sudah mencapai 5 persen dan terus meningkat.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement