Sabtu 13 Nov 2021 23:42 WIB

Akademi Chelsea Berkembang, Mulai Tuai Pujian

Jebolan yang paling impresif saat ini adalah Reece James.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reece James, jebolan akademi Chelsea yang kini jadi langganan timnas Inggris.
Foto: Nick Potts/PA via AP
Reece James, jebolan akademi Chelsea yang kini jadi langganan timnas Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain bintang Arsenal, Ian Wright melempar pujian kepada bek sayap Chelsea Reece James atas penampilannya pada kampanye 2021/2022.

Wright pun meyakini performa impresif Reece James bersama timnas Inggris membuat reputasi Trent Alexander-Arnold merosot, lantaran kerap menepi di bangku cadangan.

Baca Juga

"Dia mengalahkan Trent Alexander-Arnold yang juga merupakan pemain fantastis. Reece James punya segalanya," kata Wright kepada ITV dilansir Sportskeeda, Sabtu (13/11).

Reece James membuat gol pertama bersama timnas Inggris dan membantu armada Gareth Southgate menjaga clean sheet dalam kemenangan 5-0 atas Albania.

Pemain berusia 21 tahun itu total telah mencetak empat gol dan memberikan empat assist dalam 12 penampilan di semua kompetisi untuk klub London Barat, Chelsea.

Berkat penampilan ciamiknya, Wright secara tegas memuji bek sayap Inggris untuk perkembangannya selama beberapa tahun terakhir. Pun, menjadi pemain penting dalam kesuksesan the Blues di Liga Champions musim lalu.

"Dia punya segalanya, atribut lengkap dengan akurasi umpan, kecepatan dan kekuatannya saat menguasai bola. Saya mengaguminya," sambung Wright.

James telah mencetak empat gol dan memberikan empat assist dalam delapan penampilan Liga Primer Inggris dengan Chelsea musim ini.

The Blues saat ini berada di puncak klasemen Liga Primer, setelah mengumpulkan 26 poin dalam 11 pertandingan liga. Mereka unggul tiga poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, James merupakan salah satu pemain muda asal Chelsea yang meroket. Disamping, Mason Mount dan juga Conor Gallagher di Crystal Palace.

Sebelumnya the Roman Emperor kerap diklaim sebagai tim yang tidak dapat memberikan peluang bagi produk-produk muda akademinya. Namun, saat ini Chelsea fokus dalam pengembangakn sejumlah pemain akademi.

Buktinya Mason Mount, Reece James, Andreas Christensen dan Ruben Loftus-Cheek menjadi pemain tetap dalam starting line-up Thomas Tuchel. Selain itu, Gallagher dan Billy Gilmour juga tampil moncer dalam masa pinjamannya bersama Palace dan Norwich City.

Kedua pemain tersebut dipercaya bakal menjadi pemain kunci pun masa depan untuk Chelsea. Kabarnya pelatih Tuchel akan membawa kembali Gallagher serta Gilmour pada awal kampanye tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement