Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Tanah Datar Bertekad Pertahankan Juara Umum MTQ Sumbar

Sabtu 13 Nov 2021 21:24 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

MTQ Tingkat Provinsi Sumatra Barat akan digelar di Padang Panjang. Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

MTQ Tingkat Provinsi Sumatra Barat akan digelar di Padang Panjang. Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

Foto: Republika/Agung Supri/c
MTQ Tingkat Provinsi Sumatra Barat akan digelar di Padang Panjang

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR— Tanah Datar telah mengirimkan kafilah yang akan bertanding di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat provinsi yang akan berlangsung di Kota Padang Panjang 12-19 November 2021 ini. Tanah Datar kini memegang status sebagai juara bertahan MTQ tingkat Sumbar. 

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, berharap kali ini, Kafilah Luhak Nan Tuo dapat mempertahankan gelar di Kota Serambi Makkah. 

Baca Juga

"MTQ kali ini kita memiliki beban karena kita merupakan juara bertahan. Kita juara di MTQ 38 di Kota Solok 2019 lalu. Kita berharap kembali meraih juara umum," kata Eka Putra, Sabtu (13/11).

Untuk memotivasi kafilah Tanah Datar bertanding di Padang Panjang, Eka Putra menjanjikan sejumlah bonus bagi yang mampu mengukir prestasi.

Reward berupa bonus yang akan diberikan masing-masing untuk peserta perorangan juara I akan diberikan bonus sebesar Rp 27 juta, juara II Rp 12 uta, juara III Rp6 juta, dan juara harapan I Rp 4 juta, juara harapan II Rp 3 juta, juara harapan III Rp 2 juta, dan untuk non peringkat dan official dan pelatih juga disiapkan reward masing-masing Rp 1 juta.

Sementara untuk peserta beregu juara I akan diberikan bonus sebesar Rp 13.500.000/orang, juara II Rp 7.500.000/orang, juara III Rp 3.500.000/orang, dan juara harapan I Rp 2.500.000/orang, juara harapan II Rp 1.500.000/orang, dan juara harapan III Rp 1.200.000/orang. Sementara untuk non peringkat, oficial, dan pelatih juga diberikan reward yang sama dengan peserta perorangan.

"Motivasi atau reward yang disiapkan ini bukan berarti untuk membujuk, tidak. Namun ini sebagai bentuk apresiasi yang disiapkan Pemda- Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat, turut diramaikan dengan kehadiran Padang Panjang Ekspo. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul, mengatakan Padang Panjang Ekspo hadir untuk memeriahkan kegiatan MTQ ke-39 di Padang Panjang. 

"Padang Panjang Ekspo ini bertujuan untuk memberitahukan ke masyarakat banyak bahwa di MTQ ini ada produk Padang Panjang dan produk kabupaten/kota lainnya yang menarik dan unik," kata Asrul, Sabtu (13/11). 

Asrul mengajak masyarakat agar berbondong-bondong mengunjungi dan melihat stand pameran di lokasi ini.

Padang Panjang Ekspo ini hadir guna memperkenalkan produk-produk Padang Panjang kepada masyarakat luas.

Ada sekitar 42 stan dihadirkan. 

Sebanyak 18 stand dari Padang Panjang, 10 stand untuk kuliner. Semua stand ini kata dia tanpa dipungut biaya alias  gratis.

"BUMN juga mendapatkan stand di sini. Stan akan buka selama pelaksanaan MTQ," ucap Asrul. 

Ia menambahkan dengan adanya stand ini lebih memudahkan masyarakat untuk mengenal produk Padang Panjang. 

"Kita bisa menjual dan memperlihatkan ke masyarakat banyak, kalau kita punya ini, punya itu," ujar Asrul.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional tingkat provinsi yang akan berlangsung di Kota Padang Panjang 12-19 November 2021 ini.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA