Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Bacaan Doa Iftitah dalam Sholat, Lengkap dengan Arti

Ahad 14 Nov 2021 04:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Bacaan Doa Iftitah dalam Sholat, Lengkap dengan Arti. Foto:  Ribuan Jamaah sedang melakukan shalat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta (ilustrasi)

Bacaan Doa Iftitah dalam Sholat, Lengkap dengan Arti. Foto: Ribuan Jamaah sedang melakukan shalat subuh berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Setelah takbiratul ihram sholat, dilanjutkan doa iftitah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Setelah takbiratul ihram dalam sholat, dilanjutkan pula dengan membaca doa iftitah. Terdapat banyak versi bacaan doa iftitah, salah satunya yang paling populer di kalangan umat Muslim sebagaimana yang bersumber dari hadis riwayat Muslim.

M Masrur dalam buku Memahami Arti Bacaan Shalat menjabarkan bacaan doa iftitah. Doanya sebagai berikut:

Baca Juga

“Allahu akbar kabira, walhamdulillahi katsira wa subhanallahi bukratan wa ashila,”. Yang artinya, “Allah Maha Besar, sempurna Kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore,”.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca, “Inniy wajjahtu wajhiya lilladzi fathara as-samaawaati wal-ardha hanifan Musliman wa maa anaa minal-musyirikin. Inna shalatiy wa nusukiy wa mahyaya wa mamati lillahi Rabbil-alamin. Laa syarikalah wa bidzalika umirtu wa ana minal-Muslimin,”.

Yang artinya, “Sesungguhnya kuhadapkan wajahku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi, dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan yang musyrikin,

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak mempersekutukan-Nya. Dan aku dari golongan orang-orang yang berserah diri,”.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA