Sabtu 13 Nov 2021 00:35 WIB

3.876 Tahanan Nigeria Kabur

Terjadi serangan di pusat-pusat penahanan Nigeria sejak tahun lalu.

Ilustrasi tahanan kabur
Foto: BBC
Ilustrasi tahanan kabur

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Pemerintah Nigeria pada Kamis (11/11) mengatakan bahwa 3.000 lebih tahanan yang melarikan diri belum ditangkap kembali menyusul pembobolan penjara di negara Afrika terpadat tersebut. Sebanyak 4.860 tahanan kabur selama terjadi serangan di pusat-pusat penahanan Nigeria sejak tahun lalu. 

Sejauh ini baru 984 tahanan yang kembali ditangkap, sedangkan 3.876 tahanan lainnya masih buron, kata Menteri Dalam Negeri Rauf Aregbesola kepada awak media. Untuk membantu pelacakan tahanan yang kabur, Aregbesola mengatakan pemerintah telah mengambil biometrik seluruh tahanan di negara tersebut dengan harapan dapat dipakai untuk menangkap mereka kembali.

Baca Juga

 Dalam beberapa bulan terakhir terjadi serentetan serangan kelompok bersenjata di seluruh Nigeria, termasuk serangan terhadap fasilitas keamanan seperti kantor polisi dan pusat penahanan.Pada 22 Oktober sebanyak 837 tahanan yang menunggu persidangan kabur dari Medium Security Custodial Center di daerah Abolongo di Negara Bagian Oyo pascaserangan terhadap fasilitas tersebut, menurut pernyataan Lapas Nigeria.

Aregbesola pada Kamis (11/11) mengatakan bahwa Nigeria saat ini mempunyai 69.680 tahanan secara keseluruhan, dengan 50.223 masih menunggu persidangan.

sumber : Antara/Xinhua
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement