Sabtu 13 Nov 2021 05:15 WIB

Kisah Sekelompok Pemuda Tinggal di Gua dalam Surat Al Kahfi

Mereka pergi ke gua untuk menghindari kaumnya yang menyembah berhala.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Sekelompok Pemuda Tinggal di Gua dalam Surat Al Kahfi
Foto: arab news
Kisah Sekelompok Pemuda Tinggal di Gua dalam Surat Al Kahfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam surat Al Kahfi, diceritakan tentang sekelompok pemuda yang tinggal di gua untuk menghindari kaumnya karena mereka mentauhidkan Allah SWT.

Dikutip dari Mukhtashar Al Bidayah wa An-Nihayah dari Ibnu Katsir, sebagian ahli tafsir menyebutkan mereka hidup setelah Isa sebagai orang-orang Nasrani. Kaum mereka adalah kaum musyrik yang menyembah berhala. 

Baca Juga

Mereka hidup pada zaman Raja Dikianus. Ketika hari raya kaum mereka tiba, mereka menyaksikan kebiasaan bersujud kepada patung-patung dan mengagungkannya. Allah memberikan ilham dan petunjuk kepada mereka sehingga mereka mengerti kaumnya itu melakukan sesuatu yang tiada guna. 

Mereka pun keluar dari agama kaumnya dan condong kepada ibadah untuk Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya. Para pemuda itu sepakat tinggal di satu tempat. Mereka mengasingkan diri dari kaumnya dan pergi menuju sebuah gua, lalu Allah menidurkan mereka selama berabad-abad.

 

Mereka tidak makan dan minum. Allah Subhanahu wa Ta'ala membolak-balikkan mereka agar tubuh mereka tidak mengalami kerusakan. Mata mereka dalam keadaan terbuka. Mereka bersama anjingnya yang meletakkan kedua kaki depannya di pintu gua. Siapa saja menyaksikan pemandangan ini akan merasa sangat takut. 

 

 

photo
Tiga jalan sufistik menuju Allah SWT - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement