Jumat 12 Nov 2021 15:08 WIB

Satgas Covid-19: Pemerintah tak Kendur Terapkan 3T

Testing, deteksi itu terus dilakukan dengan cukup baik.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi
Foto: BNPB Indonesia
Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menegaskan pemerintah tidak pernah kendur dalam menerapkan kebijakan 3T (testing, tracing, treatment). Meski saat ini laju penularan Covid-19 di Tanah Air melandai. "Tentu kami tidak kendur ya. Pemerintah dalam hal testing tidak pernah kendur. Jadi kita sudah belajar dari banyak negara, ketika kasus itu sudah landai lalu kemudian mereka menurunkan kapasitas testing-nya ternyata terjadi lonjakan lagi. Jadi dalam hal testing, deteksi itu terus dilakukan dengan cukup baik," kata Sonny Harry dalam acara Dialog Jumat bertajuk "Tahan Diri Libur Akhir Tahun" yang diikuti di Jakarta, Jumat (12/11).

Kemudian, kata dia, pemerintah juga terus mendorong dan mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 pun mendorong percepatan vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak, supaya meminimalisir risiko kematian atau sakit parah akibat terinfeksi Covid-19.

Baca Juga

Peran pemda, ujarnya, juga tidak kalah penting untuk mengawasi kegiatan masyarakat dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan. "Dengan adanya PPKM leveling ini kan sebetulnya semua daerah tahu di level 1 apa yang boleh, apa yang tidak boleh. Di level 2 juga apa yang boleh, apa yang tidak boleh. Juga yang sangat mengetahui bagaimana respons masyarakat dengan pelonggaran aktivitas tadi adalah pemda," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement