Jumat 12 Nov 2021 13:33 WIB

Gulkarmat Evakuasi 5 Ular dari Loker Lapangan Bulu Tangkis

Lima ular terdiri empat sanca dan satu kobra ditemukan di Ciracas, Jaktim.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas menemukan ular cobra (ilustrasi).
Foto: Dok
Petugas menemukan ular cobra (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat Jaktim) mengevakuasi sebanyak lima ular yang ditemukan warga berada di loker lapangan bulutangkis RT 11, RW 07 Ciracas. Kepala Pleton Damkar Kelompok B Sektor 8 Ciracas, Enjat Sudrajat menjelaskan, kelima ular tersebut ditemukan pada hari Kamis (11/11) sekitar pukul 21.10 WIB.

Lima ular itu terdiri dari empat ular sanca dan satu ular kobra. "Ditemukan di loker tempat penyimpanan alat-alat olahraga bulu tangkis. Empat ular sanca dan satu kobra ini masih anakan semua," kata Enjat di Jakarta, Jumat (12/11).

Baca Juga

Enjat menjelaskan, pihaknya mengerahkan empat personel untuk mengevakuasi ular dari permukiman warga tersebut. Dia mengatakan, dalam waktu kurang dari 15 menit empat ular sanca dengan panjang sekitar 60 sentimeter (cm) dan satu ular kobra sepanjang 80 cm berhasil dievakuasi.

"Untuk evakuasi tidak ada kendala. Lima ular ini bukan berkembang biak di loker, jadi menetas di tempat lain lalu masuk ke loker. Memang sekarang ini waktu menetasnya ular," ujar Enjat.

Dia menuturkan, kelima ular tersebut sementara dibawa ke kantor Sudin Gulkarmat Jaktim Sektor Kecamatan Ciracas, sebelum nantinya diserahkan ke komunitas pecinta reptil ."Rencananya diserahkan ke komunitas. Biasanya mereka lebih senang kalau ularnya masih kecil karena lebih mudah dirawat. Kalau yang gede biasanya dibawa lalu dilepas di habitat," kata Enjat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement