Jumat 12 Nov 2021 09:55 WIB

Klub Liga Primer Inggris Tolak Piala Dunia Dua Tahunan

Piala Dunia setiap dua tahun yang diusulkan FIFA dinilai akan mengganggu kompetisi do

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Liga Primer Inggris menolak Piala Dunia setiap dua tahun.
Foto: Wikipedia
Liga Primer Inggris menolak Piala Dunia setiap dua tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Klub-klub Liga Primer Inggris bersatu menentang rencana Piala Dunia dua tahunan ketika mereka membahas perombakan kalender internasional oleh FIFA pada pertemuan Kamis (11/11). Sebanyak 20 tim semuanya menentang proposal FIFA untuk mengurangi lima jendela pertandingan internasional menjadi hanya dua dalam setahun.

"Liga Primer berkomitmen untuk mencegah perubahan radikal pada kalender pertandingan internasional FIFA pasca-2024 yang akan berdampak buruk pada kesejahteraan pemain dan mengancam daya saing, kalender, struktur, dan tradisi sepak bola domestik," kata kepala eksekutif Liga Premier Richard Masters dalam sebuah pernyataan setelah menolak untuk diwawancarai.

Baca Juga

UEFA telah menyatakan keprihatinannya tentang perubahan sepak bola dunia yang diperjuangkan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dan Arsene Wenger, mantan manajer Arsenal yang sekarang menjadi kepala pengembangan sepak bola global di FIFA.

“Kami terbuka untuk reformasi dan ide-ide baru, tetapi mereka harus meningkatkan keseimbangan yang saling melengkapi antara sepak bola domestik dan internasional untuk meningkatkan permainan di semua tingkatan,” kata Masters.

“Proses ini juga harus melibatkan kesepakatan yang berarti dengan liga yang menyediakan fondasi untuk permainan. Kami akan terus bekerja dengan kelompok pendukung, pemain, pemangku kepentingan domestik dan internasional untuk menemukan solusi yang terbaik untuk masa depan jangka panjang sepak bola,” lanjutnya.

Infantino mengatakan FIFA menyelenggarakan Piala Dunia pria atau wanita setiap dua tahun daripada mempertahankan siklus empat tahunan. Menurut dia, penting untuk menarik penggemar muda, memberi lebih banyak negara kesempatan untuk lolos dan menyediakan permainan yang lebih kompetitif da lebih sering.

Piala Dunia berikutnya di Qatar, akan secara signifikan mengganggu kompetisi di Eropa karena dimainkan pada bulan November dan Desember. Piala Dunia tak digelar Juni-Juli seperti biasa karena panasnya cuaca negara Teluk itu pada periode tersebut.

Liga Primer mengonfirmasi Kamis bahwa musim depan akan dimulai sedikit lebih awal pada 6 Agustus 2022 dan laga terakhir sebelum jeda Piala Dunia adalah 12-13 November.

Piala Dunia dimulai 21 November dan final pada 18 Desember. Liga Primer dilanjutkan pada 26 Desember untuk pertandingan Boxing Day dan berakhir pada 28 Mei 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement