Jumat 12 Nov 2021 09:42 WIB

Pemilik Zara Beli Saham Pembangkit Listrik Rp 4,01 Triliun

Pemilik Zara, Amancio Ortega, akan membeli sekitar 49 persen saham proyek listrik EBT

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Pemilik Zara, Amancio Ortega
Foto: EPA
Pemilik Zara, Amancio Ortega

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miliarder pendiri merek pakaian Zara, Amancio Ortega, membeli saham Delta yang merupakan proyek pembangkit listrik tenaga angin milik perusahaan asal Spanyol, Repsol SA. Ortega akan membeli sekitar 49 persen saham dari proyek tersebut melalui perusahaan keluarganya, Pontegadea.

Untuk memiliki sejumlah saham proyek energi terbarukan itu, dilansir Bloomberg Jumat (12/11), Pontegadea akan membayar sebanyak 281 dolar AS atau sekitar Rp4,01 triliun. Ini adalah investasi keempat Pontegadea di sektor energi, namun yang pertama kalinya dari bisnis pembangkit listrik. 

Baca Juga

Sebelumnya, Pontegadea mengakuisisi 5 persen saham milik operator jaringan gas alam Spanyol Enagas SA pada akhir 2019. Kemudian tahun ini perusahaan mengakuisisi saham di operator jaringan listrik negara Red Electrica Corp SA dan mitra Portugisnya REN - Redes Energeticas Nacionais SGPS.

Pontegadea didirikan untuk menginvestasikan dividen yang diterima Ortega dari Inditex SA, pengecer pakaian terbesar di dunia yang memiliki Zara dan merek lain. Perusahaan telah membentuk inti kekayaan senilai 78 miliar dolar AS atau sekitar Rp1.115 triliun.

Secara tradisional, Inditex SA telah menginvestasikan sebagian besar kekayaannya di sektor real estat. Ortega sendiri mengendalikan sekitar 59 persen saham Inditex SA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement