Jumat 12 Nov 2021 07:21 WIB

Enrique Fokus Swedia di Laga Krusial Kualifikasi Piala Dunia

Spanyol menggusur Swedia di puncak Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Spanyol Luis Enrique akan berusaha memastikan timnya lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan mengalahkan Swedia pada laga terakhir penyisihan Grup B Zona Eropa.
Foto: Facundo Arrizabalaga/Pool Photo via AP
Pelatih Spanyol Luis Enrique akan berusaha memastikan timnya lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan mengalahkan Swedia pada laga terakhir penyisihan Grup B Zona Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Spanyol memanfaatkan dengan baik tersandungnya Swedia, rival mereka dalam perebutan tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2022 Qatar mewakili Grup B. Spanyol menaklukkan Yunani 1-0 di Athena pada Jumat (12/11) dini hari WIB setelah Swedia takluk 0-2 di markas Georgia.

Pablo Sarabia mengonversi tendangan penalti di babak pertama untuk mengangkat Spanyol melewati Swedia di puncak Grup B. Spanyol mengoleksi nilai 16, unggul satu poin dari Swedia yang turun di tempat kedua.

Baca Juga

Spanyol akan menjamu Swedia pada laga terakhir Grup B, Senin (15/11) dini hari WIB. La Roja hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengamankan tempat pertama dan otomatis lolos. Meski demikian, pelatih Spanyol Luis Enrique tak mau ambil risiko dengan menargetkan hasil imbang. Ia ingin memastikan Spanyol lolos dengan sempurna.

“Kami tidak akan membuat kesalahan dengan bermain untuk play-off. Swedia adalah rival yang rumit. Kami mengenal mereka dengan baik,” kata Enrique, dikutip AP.

Sementara gelandang Spanyol Koke mengatakan pertandingan melawan Yunani sangat penting untuk mereka. “Georgia membantu kami, tetapi kami fokus pada pertandingan kami.  Merupakan tanggung jawab bagi kami untuk berada di Piala Dunia,” ujarnya.

Hanya juara grup yang otomatis lolos, sedangkan peringkat kedua harus melalui playoff dengan runner-up lainnya dan dua juara grup dari UEFA Nations League. Yunani membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluangnya finis di posisi dua besar. Sarabia mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-26 setelah tinjauan video mengkonfirmasi pelanggaran terhadap bek Inigo Martinez di dalam kotak penalti. Apes bagi Yunani karena tiga menit sebelumnya, gol Yunani lewat Giorgos Masouras dianulir karena offside.

Spanyol telah lolos ke setiap Piala Dunia sejak 1978, memenangkan satu-satunya gelar pada 2010 di Afrika Selatan. Namun tersingkir oleh tuan rumah Rusia di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Sementara itu Peluang Swedia untuk mengamankan tempat pertama terpukul dengan kekalahan mengejutkan dari Georgia yang sudah tersingkir. Khvicha Kvaratskhelia mencetak dua gol di babak kedua untuk memberi Georgia kemenangan kedua.

Swedia memiliki sebagian besar peluang sepanjang pertandingan, dengan Zlatan Ibrahimovic dan Alexander Isak menyia-nyiakan kesempatab terbaik sebelum Kvaratskhelia memberi tuan rumah kemenangan dengan gol pada menit ke-61 dan ke-77.

Georgia berada di urutan keempat dalam grup dengan tujuh poin dari delapan pertandingan dan tidak memiliki peluang untuk finis di dua besar.  Satu-satunya kemenangan lainnya adalah atas tim peringkat buncit Kosovo. Sementara satu-satunya kekalahan Swedia lainnya adalah dari Yunani. 

Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Tim M M S K SG Poin

Spanyol 7 5 1 1 9 16

Swedia 7 5 0 2 7 15

Yunani 7 2 3 2 0 9

Georgia 8 2 1 5 -6 7

Kosovo 7 1 1 5 -10 4

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement