Jumat 12 Nov 2021 00:47 WIB

Janji Tite Kembalikan Performa Terbaik Coutinho di Brasil

Brasil akan menghadapi Kolombia pada Jumat (12/11) pukul 7.30 WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Brasil dan Barcelona Philippe Coutinho.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Pemain timnas Brasil dan Barcelona Philippe Coutinho.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Pelatih timnas Brasil, Tite, membuat kejutan dalam daftar pemain dalam skuad teranyar tim Samba yang bakal melakoni dua laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Tite kembali memanggil gelandang serang Barcelona Phillipe Coutinho setelah absen selama lebih dari setahun memperkuat Brasil.

Gelandang serang berusia 29 tahun itu terakhir kali membela Selecao saat membungkam Peru 4-2 pada penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022, pertengahan Oktober 2020 silam. Sejak saat itu, rentetan cedera dan diikuti dengan penurunan kondisi kebugaran membuat Coutinho tidak lagi dipanggil.

Baca Juga

 

Di level klub, Coutinho juga dinilai masih mengalami kesulitan untuk memberikan kontribusi maksimal untuk Barcelona. Sejak direkrut dari Liverpool pada Januari 2018, Coutinho tercatat baru mengemas 25 gol dan 14 assist dari 101 penampilan di semua ajang. Barcelona pun sempat meminjamkan Coutinho ke Bayern Muenchen pada sepanjang musim 2019/2020.

 

Semua fakta ini tampaknya tak membuat Tite kehilangan harapan atas kemampuan eks gelandang serang Inter Milan itu. Ia mengakui Coutinho tidak dalam performa terbaiknya pada saat ini. Akan tetapi, pelatih berusia 60 tahun itu menyebut, eks winger Vasco da Gama itu masih memiliki potensi dan talenta yang cukup mumpuni untuk bisa berada dalam jajaran pemain papan atas. Kemampuan teknik Coutinho ini dilengkapi juga dengan fleksibilitas posisi bermain di lini serang.

 

"Rasanya, tidak perlu diperdebatkan lagi soal talenta yang dia miliki. Dia telah menunjukannya dan memiliki kemampuan itu. Buat saya, Couto (Coutinho) bisa ditempatkan di kedua sisi sayap. Dia juga bisa bermain di sisi dalam lapangan ataupun sisi luar. Dia dapat menjadi pemain penting dalam menyediakan operan terakhir dalam skema serangan,'' kata Tite seperti dikutip Marca, Kamis (11/11).

 

Mantan pelatih Corinthians itu pun merujuk pada performa impresif Coutinho kala masih memperkuat Liverpool. Selama enam setengah musim memperkuat The Reds, Coutinho berhasil menyumbangkan 45 assist dan 54 gol dalam 201 penampilan di semua ajang.

 

Penampilan apik ini bahkan membuat Barcelona rela merogoh kocek sedalam 105 juta poundsterling untuk menebus gelandang serang berusia 29 tahun tersebut. Tite akhirnya mengumbar janji soal tekadnya untuk bisa membawa kembali Coutinho ke performa terbaiknya, tepatnya seperti saat masih membela Liverpool.

 

"Saat ini, Coutinho memang belum berada dalam performa terbaiknya. Namun, dia adalah pemain yang luar biasa. Dia masih memiliki masa depan yang cerah. Kami akan berusaha membawa dia kembali ke performa terbaiknya seperti di Liverpool. Kami akan memulai lagi proses agar bisa melihat dia sebagai pemain luar biasa," kata Tite.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement