Kamis 11 Nov 2021 19:59 WIB

JPW Desak Polisi Tangkap Tiga DPO Tawuran di Bantul

Kedua geng pelajar ini sudah sempat membuat surat perjanjian bermaterai Rp 10.000.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
JPW Desak Polisi Tangkap Tiga DPO Tawuran di Bantul (ilustrasi).
Foto: Antara
JPW Desak Polisi Tangkap Tiga DPO Tawuran di Bantul (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Sampai saat ini tiga orang diduga yang pelaku antar geng pelajar di Kabupaten Bantul masih belum diketahui keberadaannya. Padahal, mereka sudah ditetapkan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polres Bantul.

Polisi kini masih terus bekerja dengan memburu tiga orang diduga pelaku tawuran antar geng yang mengakibatkan seorang remaja berinisial MKA meninggal dunia. Walaupun, sudah menjalani perawatan di rumah sakit selama sepuluh 10 hari. 

Kadiv Humas Jogja Police Watch, Baharuddin Kamba mengaku miris melihat tawuran antar geng pelajar tersebut. Apalagi, sebelum melakukan tawuran, kedua geng pelajar ini sudah sempat membuat surat perjanjian bermaterai Rp 10.000.

"Memprihatinkan karena masih dalam kondisi pandemi covid dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum lama dimulai. Itupun belum sepenuhnya dilaksanakan seperti hari biasa," kata Baharuddin melalui rilis yang diterima Republika, Kamis (11/11).

Maka itu, Jogja Police Watch mendesak Polres Bantul DIY untuk segera menangkap tiga orang yang diduga pelaku antar geng pelajar ini. Sebab, kalau ketiga DPO ini tidak segera ditangkap, maka ini bisa menjadi opini negatif di masyarakat.

Ia melihat, kasus ini jadi uji njali bagi Kasatreskrim Polres Bantul AKP, Archye Nevadha, yang dilantik pada 4 November 2021. JPW merasa, jika ketiga DPO tidak segera ditangkap, maka kinerja Polres Bantul tidak sesuai visi misi Kapolri.

Yang mana, sering digemborkan sebagai presisi atau prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan. Dengan konsep presisi ini bisa membuat pelayanan lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat termasuk dalam menangani perkara.

Untuk itu, ia mengingatkan, menangkap segera tiga DPO tawuran yang mengakibatkan korban jiwa tersebut tidak cuma jadi prestasi Polres Bantul. Tapi, agar tidak menyimpang dari konsep Kapolri dan tidak menjadi asumsi negatif di masyarakat.

"JPW mendesak Polres Bantul bertindak cepat menangkap tiga pelaku tawuran antar geng pelajar yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia," ujar Baharuddin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement