Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Reza: Akhirnya Ada Pahlawan Nasional dari Dunia Film

Kamis 11 Nov 2021 18:00 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Ketua Festival Film Indonesia Reza Rahadian dan Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra berziarah ke makam Usmar Ismail di TPU Karet Bivak, Kamis (11/11).

Ketua Festival Film Indonesia Reza Rahadian dan Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra berziarah ke makam Usmar Ismail di TPU Karet Bivak, Kamis (11/11).

Foto: Republika/Gumanti
Reza Rahadian berziarah ke makam pahlawan nasional-tokoh perfilman H Usmar Ismail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penobatan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional disambut bahagia dan syukur oleh semua insan film, tak terkecuali Reza Rahadian. Ketua Festival Film Indonesia ini pun berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja secara kolektif untuk mengusulkan Usmar Ismail menjadi pahlawan nasional.

"Proses pengusulan itu kan panjang, sejak lima tahun lalu. Jadi sekarang, semua insan film hanya bisa memberikan dukungan dan berbahagia pastinya. Akhirnya, dunia film memiliki pahlawan nasional juga," kata Reza saat diwawancarai usai berziarah ke makam Usmar Ismail di TPU Bivak, Jakarta, Kamis (11/11).

Reza juga tak memungkiri bahwa penobatan ini bisa menjadi penyemangat bagi insan perfilman untuk terus berkarya. Meski di sisi lain, menurut Reza, hal ini juga menjadi tanggung jawab yang tidak mudah bagi insan perfilman generasi muda untuk menjaga nama baik dan memajukan perfilman Indonesia.

"Artinya, Beliau sudah meletakkan dasar-dasar tentang perfilman. Jadi sekarang tanggung jawabnya sineas muda untuk bagaimana menjaga martabat perfilman indonesia, menjaga nama baik perfilman indonesia, dan memajukan perfilman indonesia seperti yang sudah dilakukan Usmar Ismail," kata Reza.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA