Kamis 11 Nov 2021 17:36 WIB

4 Pakar Alquran Terima Anugerah Lifetime Achievement Kemenag

Penghargaan ini menunjukkan pemerintah menaruh perhatian besar pada insan Alquran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
4 Pakar Alquran Terima Anugerah Lifetime Achievement Kemenag. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Foto: Dok Kemenag
4 Pakar Alquran Terima Anugerah Lifetime Achievement Kemenag. Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Percetakan Al-Qur'an (UPQ) Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) menganugerahkan Lifetime Achievement kepada para tokoh yang telah berjasa dalam memelihara dan mengembangkan kajian Alquran di Indonesia. Terutama dalam bidang penerjemahan Alquran, ilmu-ilmu Alquran, tafsir, qira'ah sab'ah, dan penulisan mushaf Alquran.

Ada empat tokoh yang menerima anugerah tersebut, yakni Alm. Prof KH Saifuddin Zuhri, Prof Muhammad Quraish Shihab, KH Ahsin Sakho Muhammad, dan Ustadz Isep Misbah. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyampaikan masa depan UPQ tidak luput dari inspirasi dan dedikasi berbagai tokoh yang telah mengembangkan berbagai cabang ilmu Alquran.

Baca Juga

"Karena itu, dalam rangka mengapresiasi para tokoh, UPQ memberi penghargaan tertinggi berupa Lifetime Achievement kepada empat tokoh," kata dia dalam acara Milad UPQ ke-5 yang ditayangkan secara virtual, Kamis (11/11).

Almarhum Saifuddin Zuhri adalah menteri agama periode 1962-1967 dan pelopor pembentukan lembaga penerjemah Alquran di Indonesia. Quraish Shihab adalah pakar tafsir dan memiliki karya tafsir monumental, yaitu Tafsir Al-Mishbah.

Sedangkan Ahsin Sakho Muhammad merupakan pakar qira'ah sab'ah Indonesia. Isep Misbah ialah penulis mushaf Alquran Kemenag.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement