Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

RI Apresiasi Sumbangan 1 Juta Dosis Vaksin dari Inggris

Kamis 11 Nov 2021 17:47 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih

Pertemuan bilateral Menlu Retno Marsudi dengan Secretary of State for Foreign, Commonwealth, and Development Affairs of the United Kingdom Elizabeth Truss di Jakarta pada Kamis (11/11).

Pertemuan bilateral Menlu Retno Marsudi dengan Secretary of State for Foreign, Commonwealth, and Development Affairs of the United Kingdom Elizabeth Truss di Jakarta pada Kamis (11/11).

Foto: kedubes inggris
Indonesia dan Inggris ingin memperkuat kerja sama dalam industri farmasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengapresiasi bantuan 1 juta dosis vaksin Covid-19 dari Inggris untuk Indonesia. Kedua negara berharap menjajaki kerja sama ketahanan kesehatan regional dan global di masa mendatang. 

“Indonesia menghargai dukungan pembagian satu juta dosis vaksin Inggris,” kata Retno seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Secretary of State for Foreign, Commonwealth, and Development Affairs of the United Kingdom Elizabeth Truss di Jakarta pada Kamis (11/11). 

Baca Juga

Retno mengungkapkan, dia dan Truss memiliki pandangan sama tentang pentingnya kesetaraan vaksin dan non-diskriminasi terhadap vaksin apa pun. “Dalam jangka panjang, kami menjajaki kerja sama untuk membangun ketahanan kesehatan nasional, regional, dan global,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Indonesia dan Inggris ingin memperkuat kerja sama dalam industri farmasi serta obat-obatan. Indonesia diharapkan dapat dikembangkan sebagai hub regional produksi vaksin. “Dukungan Inggris untuk mekanisme keuangan Pandemic Preparedness and Response (PPR) yang diambil G20 Finance and Health Task Force akan dirampungkan, insya Allah, selama presidensi Indonesia di G20,” ucap Retno.

Sementara itu, Truss mengungkapkan, dalam pertemuan bilateral dengan Retno, kesehatan menjadi salah satu isu penting yang dibahas. Karena dunia masih menghadapi pandemi Covid-19, dia menggarisbawahi pentingnya distribusi vaksin. “Kami senang dapat menyuplai 1 juta dosis vaksin ke Indonesia, dan kita akan bekerja sama untuk ketahanan kesehatan demi memastikan semua negara memiliki akses ke rantai pasokan yang vital,” kata Truss.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA