Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Innalillahi, Mantan Bupati Garut Agus Hamdani Meninggal

Kamis 11 Nov 2021 12:00 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Bupati Garut Rudy Gunawan saat diwawancara di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/8).

Bupati Garut Rudy Gunawan saat diwawancara di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/8).

Foto: Republika/Bayu Adji P.
Agus kelelahan setelah melakukan perjalanan dari Jakarta mengikuti kegiatan partai.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bupati Garut periode 2013-2014 Agus Hamdani tutup usia, karena sakit di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (11/11) dini hari WIB.Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut periode 2019-2024.

Bupati Garut Rudy Gunawan mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyampaikan turut bela sungkawa atas meninggalnya bupati ke-25 Garut itu. "Saya atas nama Bupati Garut dan mewakili Pemerintahan Kabupaten Garut mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Bapak Agus Hamdani, beliau Bupati Garut ke-25 dan Wakil Ketua DPRD Garut," kata Rudy di Garut, Kamis.

Rudy mengaku, dekat dan bersahabat dengan Agus semasa hidupnya, terlebih pernah menjabat sebagai kepala daerah yang telah turut membangun dan mengabdi untuk Garut. "Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran dan keikhlasan," katanya.

Rekan almarhum, Slamet mengatakan, sebelum meninggal dunia Agus sempat merasakan sesak napas di rumahnya Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut Rabu (10/11) malam, lalu tidak sadarkan diri, kemudian oleh keluarganya dibawa ke rumah sakit.

"Dalam perjalanan di sekitar wilayah Kecamatan Banyuresmi diperkirakan sudah meninggal sehingga akhirnya dibawa ke puskesmas terdekat dan dinyatakan meninggal dunia," kata Slamet.

Menurut dia, Agus kelelahan setelah melakukan perjalanan dari Jakarta untuk menghadiri kegiatan partai politik. Selain itu, almarhum memiliki riwayat penyakit. "Mungkin karena kelelahan, tapi memang saat di Garut, sebelum jam 21.00 masih nampak sehat," kata Slamet.

Baca juga : Sleman Terus Kembangkan Desa Wisata

Agus sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Kabupaten Garut mulai mengawali karier politiknya dengan menjadi anggota DPRD Garut, kemudian dipilih menjadi Wakil Bupati Garut menggantikan Dicky Chandra yang mengundurkan diri. Dia selanjutnya diangkat menjadi Bupati Garut menggantikan Aceng Fikri yang diberhentikan sebagai bupati Garut karena tersandung skandal pernikahan.

Agus maju di Pilbup Garut 2014 dan 2018, namun akhirnya kalah oleh pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman yang saat ini memimpin Garut. Jenazah Agus akan dimakamkan di pemakaman keluarganya di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA