Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Pengusaha Asal Ceko Resmi Akuisisi Saham West Ham United

Kamis 11 Nov 2021 09:28 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Daniel Kretinsky, pemilik baru yang mengakuisisi 27 persen saham West Ham United.

Daniel Kretinsky, pemilik baru yang mengakuisisi 27 persen saham West Ham United.

Foto: EPA/MATEJ DIVIZNA
Saham West Ham diakuisisi Daniel Kretinsky berasal dari kepemilikan David Sullivan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pengusaha asal Ceko, Daniel Kretinsky, resmi menjadi pemilik saham terbesar kedua West Ham United. Kretinsky telah mengakuisisi saham kepemilikan the Hammers sebesar 27 persen. Sebagian besar saham West Ham United yang diakuisisi oleh Daniel Kretinsky berasal dari kepemilikan David Sullivan. 

Dengan akuisisi Kretinsky ini, Sullivan yang sebelumnya memiliki 51,5 persen saham The Hammers, kini tinggal memiliki 31,5 persen. Selain itu, David Gold juga tinggal memiliki 10 persen dari sebelumnya 25,1 persen. Begitu pula Tripp Smith, yang tinggal memiliki 2 persen saham West Ham United dari 8 persen. Pun dengan menurunnya jumlah saham dari investor-investor lain dari 3,4 persen menjadi 1,1 persen. 

Baca Juga

Akuisisi saham West Ham oleh Daniel Kretinsky ini kemudian diikuti dengan masuknya Kretinsky dan rekannya Pavel Horsky di Dewan Pemilik West Ham yang dipimpin oleh Sullivan. Wakil Ketua Dewan Pemilik West Ham Karren Brady menyambut baik kehadiran Kretinsky dan Horsky. Menurutnya, dengan masuknya investasi dari Kretinsky, West Ham bisa memperkuat posisi dan kondisi keuangan klub, terutama untuk membayar hutang-hutang jangka panjang. 

"Kami terus berusaha untuk membawa klub ini berkembang. Investasi yang akan dibawa Daniel akan memperkuat posisi klub dan membantu kami untuk mengembangkan sejumlah area kunci. David Sullivan dan David Gold selalu terbuka dengan investasi yang tepat. Kemampuan bisnis Daniel dan pengalamannya di dunia bisnis sepak bola akan memberikan manfaat besar buat klub ini," tutur Brady seperti dilansir the Guardian, Kamis (11/11). 

Kritinsky diketahui memiliki latar belakang sebagai pengacara. Namun Krientisky juga dikenal memiliki sejumlah investasi di berbagai bidang, termasuk sejumlah saham di Royal Mail dan harian Le Monde. 

Selain itu, Kretinsky juga salah satu dari pemilik klub asal Ceko, Sparta Praha. Setidaknya dalam satu tahun terakhir, Dewan Pemilik West Ham United telah menolak dua kali tawaran pembelian saham dari ekuitas, PAI Capital, yang dipimpin Nasib Piriyev. Namun, begitu tawaran dari Kretinsky masuk, Dewan Pemilik West Ham United langsung menyambut baik tawaran tersebut. 

Di atas lapangan, The Hammers terbukti tampi impresif pada awal musim ini. Tim besutan David Moyes itu berhasil menempati peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 23 poin dari 11 laga. Capaian ini tidak terlepas dari kemenangan beruntun di empat laga terakhir, termasuk saat membungkam Liverpool 3-2, akhir pekan lalu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA