Kamis 11 Nov 2021 07:57 WIB
...

Vs Irlandia, Portugal Bertekad Puncaki Grup A

Portugal saat ini berada di peringkat kedua Grup A, selisih satu poin dari Serbia.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Portugal Fernando Santos.
Foto: EPA-EFE/HUGO DELGADO
Pelatih timnas Portugal Fernando Santos.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Portugal bertekad untuk mengkudeta Serbia dari puncak klasemen Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat melawan Republik Irlandia, Jumat (12/11) dini hari WIB. Portugal saat ini berada di peringkat kedua Grup A, selisih satu poin dari Serbia.

Namun, Serbia sudah bermain satu kali lebih banyak dari Cristiano Ronaldo dkk. Sehingga, pertandingan di Aviva Stadium ini bakal jadi momentum Portugal untuk bisa memuncaki klasemen grup.

Portugal dan Serbia merupakan dua tim yang mendominasi Grup A karena sama-sama belum kalah. Kualifikasi Piala Dunia kali ini memang berjalan sesuai rencana juara Euro 2016 tersebut. Apalagi, jelang pertemuan dengan Republik Irlandia, Portugal sudah meraih lima kemenangan berturut-turut di semua kompetisi dengan mencetak 16 gol dan kebobolan dua kali.

Sementara di Kualifikasi Piala Dunia, skuad asuhan Fernando Santos itu sudah menang enam kali dari tujuh laga terakhir saat bermain di kandang lawan. Ditambah lagi, pertemuan terakhir kedua negara berujung dengan kemenangan Portugal 2-1 berkat dua gol dari Ronaldo.

Karena itu, Portugal ingin melaju ke Qatar dengan mulus jika memuncaki Grup A. Jika tidak, Portugal bakal melewati babak play-off untuk bersaing dengan sembilan negara runner-up dan dua tim yang lolos lewat Liga Bangsa-Bangsa UEFA pada Maret 2022.

Penyerang Portugal Rafael Leao, menyatakan, Republik Irlandia merupakan tim yang sangat kuat dan kompetitif. Namun, ia mengungkapkan pelatih Fernando Santos meminta Portugal untuk meraih kemenangan, tidak boleh kalah bahkan imbang.

''Kami akan datang dengan keinginan untuk menang. Kami menghormati lawan dan kami tahu sangat penting untuk memenangkan pertandingan pertama agar berada di puncak klasemen grup,'' ujar Leao dikutip dari laman resmi Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Rabu (10/11).

Portugal tidak akan diperkuat oleh Anthony Lopes, Rafa Silva, dan Joao Mario karena cedera. Namun Ronaldo, Diogo Jota, dan Bernardo Silva siap diturunkan. Sementara Joao Cancelo akan menggantikan Nuno Mendes yang menjalani skorsing. Lalu Diogo Dalot kemungkinan akan menjadi starter di sektor kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement