Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Diduga Akibat Kebocoran Gas RM Asep Stroberi Garut Terbakar

Kamis 11 Nov 2021 01:22 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Rumah makan Asep Stroberi yang berlokasi di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, mengalami kebakaran pada Rabu (11/10) malam. Diduga kebakaran itu terjadi akibat kebocoran tabung gas.

Rumah makan Asep Stroberi yang berlokasi di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, mengalami kebakaran pada Rabu (11/10) malam. Diduga kebakaran itu terjadi akibat kebocoran tabung gas.

Foto: Bayu Adji P/Republika
Tiga unit mobil Damkar diturunkan untuk padamkan kebakaran RM Asep Stroberi

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Rumah makan Asep Stroberi yang berlokasi di Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, mengalami kebakaran pada Rabu (11/10) malam. Diduga kebakaran itu terjadi akibat kebocoran tabung gas.

Komandan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut Pos Leles, Budi Supriadi mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut pada Rabu sekitar pukul 19.00 WIB. Sebanyak tiga unit kendaraan damkar diturunkan.

"Objek terbakar adalah salah satu bangunan dapur yang konstruksinya dibuat semi permanen," kata dia, Rabu malam.

Menurut dia, petugas langsung berusaha memadamkan api agar tidak merambat ke bangunan di sekitarnya. Butug waktu sekitar 1 jam hingga api bisa dipadamkan

Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari kebocoran tabung gas ukuran 5 kilogram. Diperkirakan, kerugian dari kejadian mencapai Rp 50 juta.

Budi menilai, dapur memang menjadi salah satu tempat yang rawan terjadinya kebakaran. Sebab, di tempat itu terdapat aktivitas memasak dengan penggunaan api dari kompor. 

"Dari banyaknya kejadian kebakaran, dapur menjadi salah satu tempat yang rawan terjadinya kebakaran," ujar dia.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Damkar Kabupaten Garut, Syam Sumaryana mengimbau masyarakat senantiasa memperhatikan kondisi peralatan memasak, termasuk tabung gas, regulator, dan kompor. Ia mengingatkan, perawatan kompor, tabung gas, dan regulator harus diperhatikan dengan baik.

"Itu untuk mencegah faktor terjadinya kebakaran yang berasal dari kebocoran tabung gas," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA