Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Hujan Deras Kota Bandung, Tujuh Pohon Tumbang

Rabu 10 Nov 2021 20:07 WIB

Red: Nora Azizah

Hujan deras disertai angin kencang Bandung tumbangkan tujuh pohon di beberapa titik.

Hujan deras disertai angin kencang Bandung tumbangkan tujuh pohon di beberapa titik.

Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Hujan deras disertai angin kencang Bandung tumbangkan tujuh pohon di beberapa titik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung mencatat tujuh pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/11), sekitar pukul 15.00 WIB. Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina, mengatakan, tujuh pohon yang tumbang itu tersebar di berbagai titik dan sempat menutup sebagian jalan raya.

"Sudah aman semua, paling mungkin tinggal sampah daun dan batang kalau belum diangkut," kata Roslina di Bandung, Rabu.

Baca Juga

Pihaknya mencatat tujuh pohon tumbang itu terjadi di Jalan Pajajaran sebanyak dua titik, kemudian satu titik di Jalan Teuku Umar, Jalan Cilaki, Jalan Abdul Rivai, Jalan Saparuadan Jalan Ciliwung. Sejumlah pohon yang tumbang itu memiliki ketinggian yang beragam mulai dari lima meter hingga 15 meter dengan beragam diameter.

Selain akibat angin kencang, menurutnya sejumlah pohon yang tumbang juga didukung oleh berat pohon, dan sejumlah dahan yang patah. Adapun pohon yang berada di Jalan Cilaki tumbang hingga menimpa satu unit mobil milik warga. 

Mobil itu tengah terparkir di bawah pohon yang tumbang tersebut. Namun, dari kejadian itu, dipastikan tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka. Petugas dari DPKP3 pun telah mengevakuasi pohon yang menimpa mobil tersebut.

Pada musim hujan ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan wilayah Kota Bandung berpotensi dilanda curah hujan yang lebih tinggi dengan adanya fenomena La Nina. Curah hujan yang tinggi itu berpotensi menimbulkan bencana mulai dari banjir, genangan, banjir bandang, hingga angin kencang atau angin puting beliung yang berpotensi menyebabkan pohon tumbang.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA