Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Jenis Vitamin yang Bisa Cegah Penuaan

Kamis 11 Nov 2021 02:31 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Jenis vitamin ini bisa membantu mencegah penuaan (ilustrasi).

Jenis vitamin ini bisa membantu mencegah penuaan (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
Kondisi osteoporosis mempengaruhi sekitar 44 juta orang di Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak dari Anda menghabiskan banyak uang untuk produk dan rejimen antipenuaan. Namun, pengejaran Anda untuk awet muda tidak harus serumit atau mahal itu. Bahkan, itu bisa dimulai di dapur Anda. 

Penelitian menunjukkan, vitamin tertentu memberikan dukungan antipenuaan yang kuat bagi tubuh, dan Anda dapat mendapatkan dan menyimpannya sebagian besar melalui makanan sehat yang tepat. Berikut ini adalah lima vitamin yang menurut penelitian dapat membantu mencegah penuaan seperti dilansir di laman Eat This Not That, Rabu (10/11):

Baca Juga

1. Vitamin D

Selain membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang dapat membangun kepadatan tulang. Seiring bertambahnya usia, tubuh membutuhkan bantuan di sana. 

Kondisi melemahnya tulang yang dikenal sebagai osteoporosis mempengaruhi sekitar 44 juta orang Amerika. Vitamin D juga penting untuk metabolisme otot yang menurun seiring bertambahnya usia. 

Sumber makanan yang baik dari vitamin D termasuk ikan berlemak seperti salmon, telur, dan susu, yang diperkaya dan sereal. Tapi mungkin sulit untuk mendapatkan vitamin dalam jumlah yang cukup dari makanan, jadi suplemen mungkin merupakan ide yang bagus.

2. Vitamin C

Antioksidan kuat yang dikenal sebagai vitamin C memberikan dukungan kekebalan, menetralkan radikal bebas penyebab kerusakan di seluruh tubuh, dan sangat penting untuk produksi kolagen (salah satu protein yang membuat kulit tampak muda). Menurut tinjauan studi pada 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Biology Reports, vitamin C juga dapat melindungi terhadap pemendekan telomer, bagian dari kromosom yang menyimpan informasi DNA dan menjadi lebih pendek seiring bertambahnya usia.

3. Vitamin K

“Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin K adalah kofaktor vital dalam mengaktifkan beberapa protein, yang bertindak melawan sindrom terkait usia,” tulis para peneliti di balik tinjauan studi pada 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan.

Di antara manfaat K, mereka mengatakan dapat membantu mencegah pengerasan arteri dan penyakit jantung, meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan sensitivitas insulin dan melawan kanker. Sumber vitamin K yang baik termasuk sayuran berdaun hijau tua (seperti kangkung, bayam dan brokoli), buah-buahan tertentu (termasuk alpukat, kiwi, bluberi, blackberry, dan anggur), dan beberapa kacang-kacangan (seperti kacang mete, pistachio, dan kacang pinus).

4. Vitamin A

Vitamin A adalah dasar untuk retinoid, standar emas untuk perawatan kulit antipenuaan. Ini adalah formulasi resep seperti retin-A dan produk bebas yang mengandung retinol dapat meningkatkan pergantian sel kulit dan menghaluskan garis-garis halus dan kerutan dengan merangsang produksi kolagen. Namun, manfaat vitamin tidak hanya sebatas untuk kulit. Vitamin A dianggap penting untuk fungsi kognitif, termasuk bagian otak yang didedikasikan untuk memori dan pembelajaran. 

5. Vitamin E

Antioksidan kuat lainnya yang melindungi sel dari stres oksidatif dan kerusakan, vitamin E mungkin berperan dalam penuaan yang sehat, menurut penelitian pada hewan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa itu mungkin memiliki manfaat neuroprotektif, membantu menjaga otak tetap sehat dan pikiran tetap tajam. Sumber vitamin E yang baik termasuk alpukat, bayam, minyak sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA