Rabu 10 Nov 2021 19:17 WIB

Medco Energy Kerjakan Lima Proyek Utama EBT

Serangkaian proyek EBT ini jadi langkah Medco Energy dalam transformasi bisnis.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Foto areal Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU). PT Medco Energy Tbk mengatakan akan fokus dalam program energi bersih.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto areal Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU). PT Medco Energy Tbk mengatakan akan fokus dalam program energi bersih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Medco Energy Tbk mengatakan akan fokus dalam program energi bersih. Ada lima proyek utama yang menjadi leading perusahaan dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan bauran energi.

Direktur Utama Medco Energy, Hilmi Panigoro menjelaskan, lima proyek utama tersebut pertama, perusahaan sedang membangun PLTGU di Riau dengan kapasitas 275 MW. Selain itu, proyek ini akan bekerja sama dengan Kansai Electric.

Baca Juga

"Di sisi panas bumi, saat ini kami juga sedang melakukan pengembangan panas bumi juga. Kami akan mulai pengeboran di Ijen, rencananya ini akan punya kapasitas 100 MW," ujar Hilmi dalam paparannya, Rabu (10/11).

Hilmi juga menjelaskan, selain itu perusahaan aktif membangun PLTS. Ada dua proyek PLTS yang saat ini sedang dikerjakan perusahaan. Pertama, PLTS di sumbawa di lokasi Amman Mineral sebesar 26 MW.

"Kita bangun PLTS 26 MW untuk memasok kebutuhan listrik di Amman Mineral. Disamping itu, kami juga akan membangun PLTGU untuk menjadi backbone karena PLTS kan masin interminten. Jadi, itu bisa mengkonversi basis coal power plant yang ada saat ini," ujar Hilmy.

Proyek PLTS selanjutnya di Bali dengan kapasitas 2x25 MW. Ketiga, perusahaan juga mulai melakukan ekspor listrik ke Singapura dari PLTS yang dibangun di Pulau Bulan.

Serangkaian proyek ini menjadi salah satu langkah perusahaan dalam menjalankan transformasi bisnis. Lini bisnis perusahaan menuju ke energi bersih dan dalam mengurangi emisi karbon.

"Kami sebenarnya juga sudah melaksanakan semua operasional proyek dengan efisien dan juga energi bersih. Cuma kan kali ini memang harus continue dilaporkan saja. Jadi, kami komit ke sana," ujar Hilmy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement