Rabu 10 Nov 2021 12:12 WIB

Pesawat NASA Berhasil dalam Penerbangan Ke-15 di Mars

Ingenuity berhasil menyelesaikan penerbangan ke-15 di Planet Merah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Foto udara di Mars yang diambil oleh helikopter Ingenuity.
Foto: nasa
Foto udara di Mars yang diambil oleh helikopter Ingenuity.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Helikopter Mars milik Badan Antariksa Amerika (NASA) Ingenuity telah terbang melintasi langit planet Mars lagi. Helikopter kecil itu baru saja menyelesaikan penerbangan ke-15 di Planet Merah.

Aktivitas itu diumumkan oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California Selatan, yang mengelola misi Ingenuity helikopter Mars, melalui Twitter Senin (8/11) malam.

Baca Juga

“Itu (Ingenuity) terbang selama 128,8 detik. Lokalisasi awal menempatkan kami dalam zona pendaratan yang kami targetkan. Ingenuity secara oportunistik mengambil gambar minat sains dan mereka akan segera diproses,” tulis pejabat JPL dalam tweet, dilansir dari Space, Selasa (9/11).

Tweet itu tidak menyebutkan lompatan itu terjadi, tetapi foto-foto misi menunjukkan itu terjadi pada Sabtu (6/11). Demikian ditulis pemimpin tim Ingenuity Teddy Tzanetos dari JPL dalam sebuah posting blog yang diterbitkan pada Jumat (5/11).

Tzanetos juga memaparkan rencana penerbangan di pos itu, menyatakan bahwa Ingenuity akan menempuh jarak horizontal 406 meter, melakukan perjalanan dengan kecepatan 17,9 kilometer per jam dan terbang sekitar 12 m di atas tanah.

Ingenuity mendarat dengan rover Perseverance NASA di dasar Kawah Jezero selebar 45 kilometer pada 18 Februari. Ingenuity baru-baru ini mempelajari sepetak Jezero yang disebut South Seitah, tetapi penerbangan 15 memulai perjalanan kembali ke Wright Brothers Field, lokasi penerbangan Mars pertama helikopter itu.

Dibutuhkan total empat hingga tujuh penerbangan untuk kembali ke Wright Brothers Field, tulis Tzanetos dalam posting blog Jumat (5/11). “Sepanjang jalan, proyek sedang mempertimbangkan untuk mempersiapkan peningkatan perangkat lunak penerbangan untuk helikopter kami yang berpotensi memungkinkan kemampuan navigasi baru di dalam pesawat dan lebih mempersiapkan Ingenuity untuk tantangan di depan,” tulisnya.

Perseverance akan melakukan beberapa backtracking serupa. Setelah sampai ke Wright Brothers Field, kedua robot penjelajah akan melakukan perjalanan ke utara bersama-sama ke sisi timur wilayah Seitah.

Mereka kemudian akan menuju ke barat menuju tepi delta sungai kuno yang membuat Jezero menjadi tempat pendaratan yang menarik bagi Perseverance yang berburu kehidupan.

Penerbangan 15 adalah yang kedua dari Ingenuity sejak konjungsi matahari, rentang dua pekan di mana matahari berada di antara Mars dan Bumi. NASA berhenti memerintahkan robot Mars selama waktu ini, karena matahari dapat merusak komunikasi antar planet.

Penerbangan baru-baru ini juga merupakan yang kedua di mana Ingenuity memutar rotornya pada 2.700 putaran per menit (RPM), dibandingkan dengan 2.500 RPM pada 13 penerbangan pertama. Peningkatan itu diperlukan oleh pergeseran musiman di dasar Jezero. Di Mars saat ini sedang musim panas sehingga udaranya kurang padat dari sebelumnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement