Rabu 10 Nov 2021 10:09 WIB

Negara-Negara Arab Mulai Dekati Suriah, AS Tebar Ancaman

AS mengkritik UEA dan negara Arab lain yang akan menormalisasi hubungan dengan Suriah

Rep: Kamran Dikarma/Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Presiden Suriah Bashar al-Assad. AS mengkritik UEA dan negara Arab lain yang akan menormalisasi hubungan dengan Suriah. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Presiden Suriah Bashar al-Assad. AS mengkritik UEA dan negara Arab lain yang akan menormalisasi hubungan dengan Suriah. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Abdullah bin Zayed bertemu dengan Presiden Bashar al-Assad di Damaskus pada Selasa (9/10). Pertempuran ini adalah tanda membaiknya hubungan antara Assad dan negara Arab sekutu Amerika Serikat (AS) yang pernah mendukung pemberontak untuk menggulingkannya.

Sheikh Abdullah adalah pejabat UEA paling senior yang mengunjungi Suriah dalam satu dekade sejak meletusnya perang saudara. Dalam peristiwa itu, beberapa negara Arab mendukung pemberontak Muslim Sunni melawan Assad.

Baca Juga

Sebuah pernyataan oleh kepresidenan Suriah mengatakan menteri luar negeri memimpin delegasi pejabat senior Emirat yang membahas hubungan bilateral dan kerja sama dalam pertemuan dengan rekan-rekan Suriah. Mereka berdiskusi untuk menjajaki ranah baru untuk kerja sama, terutama di sektor-sektor vital dalam rangka memperkuat kemitraan investasi di sektor-sektor ini.

Menurut laporan kantor berita UEA, WAM, Sheikh Abdullah menggarisbawahi dalam pertemuannya dengan Assad untuk menyampaikan keinginan UEA pada keamanan, stabilitas, dan persatuan Suriah. Dia juga menekankan dukungan UEA untuk semua upaya yang dilakukan untuk mengakhiri krisis Suriah, mengonsolidasikan stabilitas di negara itu, dan memenuhi aspirasi rakyat Suriah yang bersaudara.

"UEA terus membangun jembatan, meningkatkan hubungan, dan menghubungkan apa yang terputus," ujar pejabat senior UEA dan penasihat diplomatik untuk presiden Emirates, Anwar Gargash, di Twitter.

Di lain pihak, Amerika Serikat (AS) mengkritik upaya yang bertujuan menormalisasi hubungan dengan Suriah. Hal itu disampaikan setelah Sheikh Abdullah bin Zayed mengunjungi Damaskus.

Juru bicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS Ned Price mengatakan, negaranya tak mendukung pertemuan semacam itu. “Kami prihatin dengan laporan pertemuan ini dan sinyal yang dikirimkannya,” ujarnya dalam pengarahan pers reguler Deplu AS.

“Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, pemerintahan ini tidak akan menyatakan dukungan apa pun untuk upaya menormalkan atau memulihkan (hubungan dengan) Bashar al-Assad yang merupakan diktator brutal,” kata Price menambahkan.

Baca juga : Krisis Afghanistan: Munculnya Pengemis Roti

Senator AS dari Partai Republik Jim Risch turut mengkritik pertemuan Sheikh Abdullah dengan pejabat tinggi Suriah, termasuk Bashar al-Assad. Risch merupakan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS.

“Sangat memalukan semakin banyak negara yang terbuka untuk menormalisasi hubungan dengan (pemerintahan) Assad. UEA dan lainnya yang mengabaikan kekerasan yang sedang berlangsung terhadap warga sipil Suriah harus bekerja untuk menerapkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254 sebelum mengambil langkah lebih lanjut menuju normalisasi,” tulis Risch di akun Twitter pribadinya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement