Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Warga Desak Pemkot Perbaiki Jalan Rusak di Kelapa Dua

Rabu 10 Nov 2021 08:36 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Jalan Komjen M Jasin depan Markas Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok ditutup (ilustrasi).

Jalan Komjen M Jasin depan Markas Korps Brimob Polri Kelapa Dua, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok ditutup (ilustrasi).

Foto: Dok Pemkot Depok
Jalan beton depan Markas Brimob, Kota Depok rusak. dan berstatus jalan nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Warga mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok untuk memperbaiki jalan rusak di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, tepatnya di Jalan Komjen M Yasin. Saat ini, jalan yang berlokasi di Markas Brimob itu dalam kondisi bergelombang, karena beton terkelupas dan gompal sehingga cukup membahayakan penguna jalan.

"Ruas jalan beton banyak yang sudah gompal sehingga cukup berbahaya bagi penguna jalan. Sudah sering terjadi kecelakaan pengendara motor jatuh," ujar Haris Fadilah, seorang tokoh pemuda di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (9/11).

Haris yang juga Ketua Ormas Garuda Nusantara Kota Depok menyebut, ruas jalan yang rusak hampir di sepanjang Jalan Komjen M Yasin atau Jalan Akses UI menuju Jalan Raya Bogor. "Warga sudah mengusulkan jalan tersebut diperbaiki tapi hingga kini belum mendapat respon serius Dinas PUPR Kota Depok," terangnya.

Menurut Haris, Jalan Komjen M Yasin merupakan jalan utama yang terdapat Markas Korps Brimob Polri, Rumah Sakit Brimob Polri, Universitas Gunadarma, markas Korps Kavaleri TNI AD, dan kompleks Hamkam. Dia mengaku, pernah mempertayakan ke Dinas PUPR Kota Depok mengapa tidak memperbaiki jalan itu, dan dijawab statusnya merupakan jalan nasional.

"Milik pemerintah pusat, jadi perlu waktu untuk melakukan intervensi perbaikan. Jawaban tersebut, menurut saya jawaban lepas tanggung jawab, mestinya jalan tersebut ada di wilayah Kota Depok, kenapa perbaikannya harus menunggu koordinasi pusat. Kalau memang niat melayani warga, ya seharusnya segera diperbaiki karena kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun," tutur Haris.

Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kota Depok, Denny Setiawan mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti laporan masyarakat terkait perawatan jalan untuk diperbaiki. Perbaikan pasti dilakukan di jalan rusak yang berada di Kota Depok. "Segera kami tindak lanjuti informasi untuk perawatan Jalan Komjen M Yasin," kata Denny.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA