Kamis 11 Nov 2021 18:24 WIB

Rekor! Pelajar Muhammadiyah Panen 61 Juara Nasional

Pelajar Muhammadiyah Panen 61 Juara Nasional Selama Pandemi

Rep: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)/ Red: suaramuhammadiyah.id (suara muhammadiyah)
Rekor! Pelajar Muhammadiyah Panen 61 Juara Nasional selama Pandemi - Suara Muhammadiyah
Rekor! Pelajar Muhammadiyah Panen 61 Juara Nasional selama Pandemi - Suara Muhammadiyah

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Arzaqi Kamal Billah, pelajar SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat ini terus mengukir prestasi meskipun pandemi covid-19 masih berlangsung kurang lebih dua tahun ini. Siswa kelas VIII ini, dalam rentang April 2021 hingga November 2021, sudah meraih 61 prestasi dalam berbagai ajang lomba tingkat nasional.

“Saya mengikuti lomba-lomba olimpiade IPA, Matematika, dan IPS secara daring atau online. Biasanya informasi lomba lewat media sosial. Setelah mendaftar, dimasukkan di grup telegram, kemudian login dengan user name dan password pada link CBT tersebut. Untuk lomba Smart Competition bidang IPS kemarin, saya mengerjakan 50 soal dalam waktu satu jam,” ucapnya.

Arzaqi Kamal Billah mengaku senang mengikuti lomba karena ingin meraih prestasi untuk membanggakan kedua orang tua dan sekolah. Selain itu, persiapan diri untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi, SMA. “Saya ingin mengikuti lomba lebih banyak lagi dan mendapatkan prestasi sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Remaja 13 tahun putra dari pasangan Rendi Kusuma Putra dan Dewi Pujiani tersebut memiliki cara khusus untuk meraih kemenangan dalam setiap kompetisi. Apalagi, Arzaqi mengaku tidak belajar dengan guru les di rumah. Cara tersebut antara lain mencari informasi lomba di media sosial, mengikuti lomba yang sesuai dengan minat, belajar sesuai kisi-kisi lomba, memperdalam pemahaman dengan mengikuti webinar online dan berdiskusi dengan guru di sekolah, memperbanyak durasi belajar 4-5 jam sehari, serta sebelum berlomba selalu berdoa kepada Allah SWT dan mohon restu orang tua.

Siswa yang minat terhadap mata pelajaran IPA Biologi tersebut memanfaatkan Sabtu dan Minggu untuk berlomba. “Biasanya Sabtu-Minggu dihabiskan untuk mengikuti lomba. Kurang lebih 6 lomba diikuti dalam dua hari tersebut. Mulai Sabtu siang hingga Minggu sore,” jelas siswa yang pernah menjadi juara tingkat nasional saat di kelas 5 dan 6 SD.

Berikut ini sebagian prestasi yang diraih oleh Arzaqi Kamal Billah:

Prestasi yang diraih oleh Arza (panggilan akrab) menjadi kebanggaan bagi sekolah, apalagi telah mengumpulkan 61 prestasi tingkat nasional. Selaku Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko, M.Pd. mengaku bangga dan mengapresiasi prestasi Arzaqi Kamal Billah.

“Saya berharap akan muncul Arzaqi-Arzaqi lain yang bisa mengharumkan sekolah dengan prestasi-prestasi. Semoga memacu semangat Arzaqi untuk terus belajar dan tentunya motivasi bagi siswa lain juga,” ujarnya. (Aryanto)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan suaramuhammadiyah.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab suaramuhammadiyah.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement