Selasa 09 Nov 2021 15:22 WIB

Hamtramck Pilih Anggota Dewan Kota Seluruhnya Muslim

Pertama dalam sejarah di AS, anggota dewan kota Hamtramck seluruhnya muslim

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Salah satu sudut kota Hamtramck
Foto: VOA
Salah satu sudut kota Hamtramck

IHRAM.CO.ID, HAMTRAMCK -- Kota Hamtramck di negara bagian Michigan, Amerika Serikat (AS), menciptakan sejarah dengan memilih tiga anggota Muslim untuk dewan kota dalam pemilihan lokal pekan lalu. Dengan demikian, kota ini menjadikannya yang pertama dalam sejarah AS yang memiliki anggota dewan lokal yang seluruhnya Muslim.

Pada pemilu tersebut, kota ini juga memilih walikota Muslim pertamanya. Mulai Januari 2022, Dewan Kota Hamtramck yang baru akan terdiri dari Anggota Dewan Nayeem Choudhry, Amanda Jaczkowski yang baru terpilih, Anggota Dewan Mohammed Hassan, Anggota Dewan Mohammed Alsomiri, dan Adam Albarmaki yang baru terpilih.

Lima dari mereka adalah imigran dan satu adalah mualaf dengan akar leluhur di Eropa Timur.

"Penting untuk diingat bahwa meskipun kita semua adalah Muslim yang taat, kita dipilih melalui proses yang ditetapkan oleh Amerika Serikat, Michigan, Wayne County dan Hamtramck," kata salah satu dari tiga Muslim yang baru terpilih di dewan, Amanda Jaczkowski, dilansir di laman About Islam, Selasa (9/11).

"Kita semua akan mengambil sumpah untuk melindungi Konstitusi Amerika Serikat, dan itu termasuk konsep pemisahan gereja dan negara. Saya sangat percaya pada pemisahan itu, dan meskipun saya akan membawa nilai-nilai kejujuran dan integritas Islam ke meja ini, kebijakan yang saya promosikan dan tegaskan akan menjadi yang terbaik bagi semua orang di Hamtramck," tambahnya.

Anggota Dewan Kota saat ini Mohammed Hassan menekankan pesan yang sama.

"Agama tidak ada di dalam gedung (Balai Kota). Itu ada di luar di masjid dan kuil dan gereja. Bukan di Balai Kota," ujar Hassan.

Ia menegaskan bahwa tidak ada yang akan berubah di dewan dan mereka tetap sama. Menurutnya, mereka menghormati semua agama.

"Di dalam Balai Kota, kami bertanggung jawab atas penduduk ini, kami melakukan tanggung jawab kami menurut peraturan," ujarnya.

Persentase penduduk Muslim di Hamtramck tidak jelas karena sensus AS tidak menanyakan tentang agama. Akan tetapi, perkiraan berdasarkan data sensus keturunan menunjukkan bahwa sekitar setengahnya adalah Muslim.

Menurut data sensus 2019, sekitar 25 persen dari kota ini adalah keturunan Arab, kebanyakan dari mereka Yaman, dan tambahan 27 persen adalah keturunan Asia, kebanyakan dari mereka Bangladesh.

Hampir semua orang Yaman adalah Muslim, sementara orang Amerika Bangladesh di Hamtramck adalah campuran Muslim, Hindu, Budha dan Kristen.

Hamtramck menarik perhatian pada 2015 ketika memilih Dewan Kota mayoritas Muslim pertamanya. Populasi kota ini telah melonjak 27 persen selama dekade terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement