Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Gibran Minta Guru tak Bermasker di SDN 113 Tes Usap

Selasa 09 Nov 2021 14:50 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Foto: Republika/Prayogi
Gibran kebetulan melintasi sekolah itu dan melihat ada guru tak bermasker.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meminta guru yang tidak bermasker saat kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN Nusukan Barat 113, Banjarsari, Solo untuk menjalani tes usap (swabtest) di tempat, Selasa (9/11). "Kebetulan tadi saya lewat sana. Ben tadi di-swab dulu, semoga hasilnya negatif," katanya.

Sikap tegas tersebut juga diperlihatkan dengan memarkir mobil dinas di halaman sekolah sebagai bentuk teguran terhadap guru yang tidak disiplin mengenakan masker. "Tadi saya mengetahui gurunya tidak memakai masker," katanya.

Baca Juga

Terkait hal itu, ia menyayangkan sikap guru tersebut. Selain membahayakan siswa maupun rekan guru yang lain mengingat Covid-19 belum hilang hingga saat ini, sikap tidak mengenakan masker tersebut juga menjadi contoh buruk bagi siswa. "Ini untuk perbaikan kita, yang penting sesuai SOP. Yang penting itu gurunya, kalau guru pakai masker muridnya juga pakai. Kalau gurunya enggak ngasih contoh, ya muridnya juga sak-sake," katanya.

Sementara itu, saat ditemui di sekolah, Kepala SDN Nusukan Barat 113 Sri Suramtini enggan memberikan banyak keterangan. Ia hanya menjelaskan secara singkat bahwa tidak mengetahui saat Gibran datang ke sekolah tersebut. "Tadi saya pas rapat, hasilnya (tes usap) negatif semua," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA