Selasa 09 Nov 2021 14:05 WIB

Badai Matahari Tandai Siklus Baru Matahari

Aktivitas matahari mengalami pasang surut dalam siklus sekitar 11 tahun

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Matahari. ILustrasi
Foto: Dailymail
Matahari. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi dihantam badai geomagnetik yang cukup besar akibat serangkaian ‘semburan’ matahari pada awal pekan lalu. Tepatnya 1 dań 2 November. 

Ledakan semacam itu terkait dengan bintik matahari, yang merupakan badai magnetik di permukaannya. Baik bintik matahari maupun aktivitas matahari mengalami pasang surut dalam siklus yang membentang sekitar 11 tahun. 

Baca Juga

“Beberapa tahun terakhir matahari memiliki aktivitas yang sangat sedikit, seperti yang terjadi selama minimum matahari, tapi sekarang meningkat cukup cepat ke maksimum siklus berikutnya pada 2025,” ujar Bill Murtagh, kepala program di Space Weather Prediction Center (SWPC) of the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), dilansir Space, Senin (8/11). 

Aktivitas matahari mempengaruhi lebih dari sekadarnya. Ketika mencapai lingkungan Bumi, ledakan matahari dapat menyebabkan serangkaian fenomena yang disebut sebagai cuaca luar angkasa. Dampaknya mulai dari tampilan aurora yang indah, hingga potensi terjadinya kerusakan satelit. 

Badai geomagnetik yang terjadi saat ini berasal dari serangkaian coronal mass ejections, atau CME, yang merupakan gelembung material matahari yang terkadang dikeluarkan oleh matahari. CME pada dasarnya adalah awan satu miliar ton gas plasma dengan medan magnet. 

 “Jadi matahari menembakkan magnet ke luar angkasa dan magnet itu melakukan perjalanan sejauh 93 juta mil atau 150 juta kilometer dari matahari ke Bumi,” jelas Murtagh.

Namun, Bumi memiliki medan magnetnya sendiri. Medan magnet yang bercampur di ruang angkasa tidak selalu cocok bersama. Kedua magnet akan bersatu dan itu akan menciptakan badai geomagnetik ini.

Terkadang, CME dapat tumbuh dalam perjalanan melintasi ruang angkasa. Badai geomagnetik yang terjadi pada pekan ini berasal dari serangkaian ledakan yang bergabung ketika CME berikutnya bergerak lebih cepat dari pendahulunya.

CME pertama pada dasarnya bekerja melalui 93 juta mil dan hampir membuka jalan bagi CME lain untuk menyusul di belakangnya. Seberapa kuat badai seperti itu tergantung pada ukuran CME dan bagaimana kedua medan magnet sejajar. 

CME yang cukup besar dan badai geomagnetik akan menjadi buruk tidak peduli apa yang terjadi. Namun untuk CME menengah seperti yang terjadi pekan ini, gambarannya lebih rumit.

Badai geomagnetik bukan hanya fenomena yang menarik. Peristiwa ini dapat mengganggu infrastruktur penting di Bumi, termasuk jaringan listrik, satelit navigasi, dan komunikasi radio pesawat di daerah terpencil.

Murtagh dan rekan-rekannya memantau cuaca luar angkasa untuk memperingatkan operator infrastruktur ini bahwa masalah mungkin akan datang. Badai seperti pekan ini secara otomatis memberitahu bahwa semua operator jeringan listrik di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

"Kami telah menentukan untuk semua tujuan praktis bahwa skenario terburuk kami untuk skenario badai geomagnetik ekstrem adalah seperti ini." jelas Murtagh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement