Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Meraba Kans Hamilton dan Verstappen di 4 Seri Terakhir F1

Selasa 09 Nov 2021 09:58 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pembalap Red Bull Max Verstappen, kanan, merayakan kemenangannya di posisi pertama dengan posisi kedua Mercedes

Pembalap Red Bull Max Verstappen, kanan, merayakan kemenangannya di posisi pertama dengan posisi kedua Mercedes

Foto: AP/Fernando Llano
Max Verstappen memimpin klasemen pembalap dengan unggul 19 poin dari Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pembalap Red Bull Max Verstappen tampil dominan pada sesi balapan GP Mexico City, Ahad (7/11) waktu setempat. Keberhasilan finis di posisi terdepan pada seri ke-18 F1 2021 itu membawa Verstappen kian menjauh dari kejaran poin pembalap Mercedes Lewis Hamilton di klasemen pembalap.

Setelah GP Mexico City, pembalap asal Belanda itu mampu mencatatkan keunggulan 19 poin atas Hamilton. Verstappen kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 312,9 poin. Hamilton, yang harus puas finis di posisi kedua di GP Mexico City, duduk di peringkat kedua dengan raihan 293,5 poin.

Baca Juga

Meskipun terkesan banyak, sebenarnya selisih 19 poin masih dalam jangkauan mengingat seri balapan masih menyisakan empat lagi dengan total 107 poin diperebutkan. 

Selain raihan 25 poin apabila berhasil finis terdepan, dua pembalap itu juga bisa menambah pundi-pundi poin dari catatan lap tercepat dan juara di babak kualifikasi sprint. Kedua pembalap mesti berhati-hati untuk menghindari hal paling apes, yakni gagal finis.

Persaingan keduanya dalam perebutan titel juara dunia F1 musim ini akan mengerucut di empat seri terakhir. Verstappen memiliki peluang emas untuk mempertahankan posisi puncak papan klasemen sementara F1 sekaligus meraih gelar juara dunia F1 pertamanya. Sementara buat Hamilton, empat seri ini bakal menjadi kesempatan terakhir untuk mempertahankan mahkota juara dunia F1 yang digenggamnya dalam empat musim terakhir.

Empat seri terakhir F1 musim ini tersebut akan dimulai di GP Brasil yang akan digelar Sirkuit Interlagos pada 14 November mendatang. Setelah itu, GP Qatar bakal dihelat pada 21 November di Sirkuit Losail dan diikuti GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah pada 5 Desember. Seri terakhir F1 musim ini akan digelar di Sirkuit Yas Marina dalam GP Abu Dhabi pada 12 Desember mendatang.

Baik Verstappen ataupun Hamilton dinilai memiliki keuntungan tersendiri untuk bisa menjadi yang tercepat di empat seri terakhir. Berikut peluang dan keuntungan yang dimiliki Verstappen ataupun Hamilton di masing-masing trek di empat seri terakhir F1 musim ini, dikutip dari Marca.

Sirkuit Interlagos (GP Brasil)

photo
Sirkuit Interlagos, Brasil saat balapan Formula Satu (F1) - (EPA-EFE/Fernando Bizerra)
Dalam kondisi normal, trek di Sirkuit Interlagos, yang didominasi tikungan dan chicane, dinilai menguntungkan Red Bull. Namun, hujan kerap mewarnai seri balapan F1 di Brasil. Kemungkinan untuk terjadinya hujan pada akhir pekan ini pun terbuka cukup lebar. Trek basah di Sirkuit Interlagos dianggap bisa memberikan keuntungan buat Hamilton.

Selama ini...

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA