Selasa 09 Nov 2021 06:44 WIB

Festival Ciliwung 3 Digelar, Ada Susur Sungai

Festival Ciliwung akan mengagendakan susur sungai dari Srengseng Sawah ke Condet

Karnaval perahu turut meramaikan acara festival Ciliwung di Jakarta, Sabtu (15/8).  (Republika/Prayogi)
Karnaval perahu turut meramaikan acara festival Ciliwung di Jakarta, Sabtu (15/8). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Pegiat sungai di daerah Jakarta dan sekitarnya kembali menggelar Festival Ciliwung Jilid-3. Festival yang berlangsung pada Selasa-Rabu (9/10-11)  ini dihelat untuk  mengajak masyarakat untuk menjenguk sungainya kembali.

Ketua Panitia Festival Ciliwung 3 Teguh menjelaskan, festival ini dibuka pada Selasa (9/11) di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Pada kegiatan ini, para peserta Festival Ciliwung akan  menyusuri  sungai  yang dijadwalkan berangkat pada pukul delapan pagi. Para peserta akan finis di Padepokan Ciliwung Condet (PCC) yang berlokasi di Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. “Festival Ciliwung 3 mulai dibuka di Srengseng Sawah oleh Wali Kota Jakarta Selatan pada Selasa, 9 November 2021,”ujar Teguh lewat keterangan tertulis kepada Republika. co.id. 

Menurut Teguh, festival ini akan digelar di lima lokasi dari Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, sampai kawasan Condet, Jakarta Timur. Setiap lokasi akan mengusung konsep yang beraneka ragam. Selain susur sungai, hiburan rakyat akan turut ditampilkan di festival tersebut yang sesuai dengan karakter budaya setiap tempat. 

Sebagai contoh, festival tersebut akan dimeriahkan ole Pengajian Budaya Tasawuf Sungai, pertunjukan kesenian Betawi, hingga perlombaan panahan. Pada malam hari, panitia juga akan menggelar nonton bareng film Pemberontakan Anak-Anak Sungai di Aula Padepokan Ciliwung Condet. 

Menurut Teguh, Festival Ciliwung 3 ini bertujuan, membangun semangat warga dalam melindungi sungai secara utuh, serta, mengangkat geliat ekonomi rakyat di sepanjang bantaran sungai. Pelestarian sumber air dan ekosistem Sungai Ciliwung kemudian dapat diteruskan secara bersama, agar tercapainya wilayah ini sebagai destinasi wisata baru DKI Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement