Senin 08 Nov 2021 18:37 WIB

Rektor UNS Luncurkan Empat Buku Sekaligus

Acara peluncuran empat buku tersebut digelar di kediaman pribadi Jamal.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho, saat ditemui wartawan di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/11).
Foto: Republika/Binti Sholikah
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho, saat ditemui wartawan di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho, meluncurkan empat buku sekaligus pada Senin (8/11). Peluncuran empat buku tersebut bersamaan dengan momen hari ulang tahunnya yang ke-60. Empat buku tersebut masing-masing berjudul, "Media Massa dalam Genggaman", "Bunga Rampai Rektor PTN Indonesia", "Pembaruan Hukum Indonesia di Era Disrupsi", dan "Cahaya dari Lereng Gunung Merapi".

Media Massa dalam Genggaman berisi kumpulan 60 tulisan opini Jamal dengan berbagai topik, yang telah dimuat di berbagai media massa. Buku kedua berisi kumpulan gagasan 27 Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia tentang strategi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan utuh dalam menghadapi era disrupsi.

Kemudian, buku ketiga berisi kumpulan gagasan 24 Guru Besar Hukum di Indonesia dalam mengantisipasi perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya di era disrupsi. Sedangkan buku terakhir merupakan autobiografi Jamal yang berkisah tentang perjalanan hidupnya sejak lahir hingga mencapai usia 60 tahun.

Melalui buku-buku tersebut, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2020-2021 itu ingin mengajak insan-insan cendekia kampus merespons dengan cepat setiap permasalahan yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia, dengan ide, gagasan, dan kajian akademiknya.

"Keistimewaan buku-buku yang diterbitkan tersebut, ditulis dengan bahasa yang simpel dan mudah dimengerti, disusun secara sistematis dan terstruktur, serta digambarkan secara detail dan obyektif, agar para pembaca mudah mempelajari dan mendalami substansinya, sehingga sangat baik dan cocok sebagai alternatif referensi/rujukan bagi pengambilan keputusan," jelas Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (8/11).

Acara peluncuran empat buku tersebut digelar di kediaman pribadi Jamal di Kadipiro, Banjarsari, Solo. Acara dihadiri oleh segenap pimpinan Majelis Wali Amanat (MWA), Senat Akademik, dan Dewan Profesor, para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Direktur dan Kepala Biro di lingkungan UNS, serta beberapa penulis buku.

Menurut Guru Besar Fakultas Hukum UNS itu, buku-buku tersebut secara terbatas dalam waktu dekat akan dikirimkan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, pimpinan Lembaga Tinggi dan Tertinggi Negara, sebagian Menteri Kabinet Indonesia Maju, beberapa Duta Besar dan Atdikbud, para Rektor PTN, sebagian Kepala Daerah, para penulis buku dan lainnya.

Jamal juga menginformasikan, bagi masyarakat yang berminat mendapatkan buku-buku tersebut dapat membeli dan memesan secara daring melalui tautan Instagram @bookstoreunspress atau Facebook UNS Press dengan pembayaran melalui transfer ke BNI nomor rekening 1103191911 atas nama UNS Peduli. "Seluruh hasil penjualan buku, akan diserahkan untuk kegiatan amal kemanusiaan," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement