Senin 08 Nov 2021 12:15 WIB

Klinik Masjid di India Rawat 569 Anak dengan DBD dan Tifus

Kasus DBD dan tifus banyak dilaporkan dari 20 daerah kumuh Shaheen Nagar

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Pasien demam berdarah dengue (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Pasien demam berdarah dengue (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, HYDERABAD -- Demam berdarah, tifus dan malaria menjadi endemik di kota tua Shaheen Nagar di India. Sebanyak 569 anak menderita demam berdarah, tifus dan malaria.

Dilansir dari Times of India, Senin (8/11), survei dilakukan klinik masjid Shaheen Nagar karena banyak kasus-kasus yang dilaporkan setiap harinya. Dari 569 kasus, sebanyak 51 persen anak-anak menderita tifus, 22 persen kasus demam berdarah dan 2 persen kasus malaria.

Baca Juga

Kasus-kasus ini banyak dilaporkan dari 20 daerah kumuh di daerah tangkapan air Shaheen Nagar dan di daerah kumuh Rajendra Nagar dan daerah tangkapan air Hasanagar di Old Hyderabad.

Sebanyak 569 anak yang menderita demam berdarah, tifus dan malaria telah mendapat pengobatan gratis, termasuk obat-obatan dan tes darah dalam satu bulan terakhir. Yakni 421 kasus terkait tifus, 133 kasus demam berdarah, dan 15 kasus malaria.

Klinik masjid ini dikelola oleh Helping Hand Foundation bekerja sama dengan SEED, sebuah LSM yang berbasis di Amerika Serikat, dan American Muslim Physicians of Indian Origin (AMPI). Klinik masjid melayani kebutuhan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar 20 daerah kumuh yang tersebar di Shaheen Nagar, Hasanagar, Rajendranagar dan Achi Reddy Nagar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement