Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Arsene Wenger: Invincible Muat Kisah Rivalitas vs Ferguson

Senin 08 Nov 2021 11:45 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Alex Ferguson (kanan) memeluk Arsene Wenger. Film Arsene Wenger: Invicible yang akan rilis pada 11 November juga membahas rivalitas Wenger dengan mantan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson.

Alex Ferguson (kanan) memeluk Arsene Wenger. Film Arsene Wenger: Invicible yang akan rilis pada 11 November juga membahas rivalitas Wenger dengan mantan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson.

Foto: EPA-EFE/NIGEL RODDIS
Arsene Wenger dan Sir Alex Fegruson bersaing dalam memperebutkan trofi di Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film yang mengangkat kiprah Arsene Wenger saat bersama Arsenal akhirnya akan segera rilis. Seperti judulnya, Arsene Wenger: Invincible adalah film potret Wenger, dengan fokus khusus ditempatkan pada musim terkenal saat Arsenal tak terkalahkan pada musim 2003-04.

Manajer Prancis itu mempersembahkan tiga gelar Liga Premier dan tujuh Piala FA di London utara, serta merevolusi permainan Arsenal. Wenger menjadi satu tokoh yang paling dikenal dalam sepak bola dan prestasinya selama menjadi manajer Arsenal telah mengukir namanya ke dalam sejarah sepak bola Inggris.

Baca Juga

Noah Media, grup di balik film dokumenter Finding Jack Charlton dan Bobby Robson: More than a Manager menjadikannya sebagai subjek film dokumenter baru yang akan dirilis pada 11 November 2021.

Menurut situs resminya, film dokumenter itu "melihat Wenger secara jujur merefleksikan era revolusionernya di Arsenal dan gejolak emosional dan pribadi yang mengelilingi kepergiannya yang kontroversial setelah 22 tahun."

Selain kisah Wenger, film dokumenter itu memuat kesaksian dari Sir Alex Ferguson, manajer legendaris Manchester United yang menjadi sosok antagonis selama kiprah Wenger. Juga testimoni dari para pemain Arsenal yang pernah dilatih Wenger.

Rivalitas sengit

Wenger dan Ferguson sering kali bertikai selama 17 tahun sebagai lawan di Liga Primer Inggris. United di bawah Ferguson merupakan kekuatan dominan dalam sepak bola Inggris, ketika Arsenal merekrut Wenger sebagai manajer pada 1996. Wenger datang dari klub Jepang Nagoya Grampus dan tidak terkenal di Inggris.

Namun Wenger langsung jadi sosok yang disegani di Inggris. Arsenal memenangkan Liga Inggris dan Piala FA pada musim 1997/98. Keberhasilan the Gunners pun meningkatkan tensi persaingan dengan MU. Setan Merah merespons memenangkan treble pada musim 1998/99.

Meski kesuksesan MU terus berlanjut setelah itu, Ferguson tahu kalau Arsenal merupakan ancaman bagi timnya. "Anda selalu melihat ke kaca spion untuk melihat siapa yang datang dari belakang Anda, dan ketika Anda melihat seseorang, Anda meningkatkan kecepatan," kata Ferguson, dalam cuplikan film Arsene Wenger: Invincible, dikutip dari Express, Senin (8/11).

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA