Senin 08 Nov 2021 08:52 WIB

Pengguna Twitter Desak Elon Musk Jual 10 Persen Saham Tesla

Elon Musk menggelar jajak pendapat di Twitter soal penjualan saham miliknya di Tesla.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Bos Tesla Elon Musk.
Foto: EPA
Bos Tesla Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pemilih dalam jajak pendapat Twitter telah mendesak Elon Musk untuk menjual 10 persen sahamnya di Tesla untuk membayar pajak. Lebih dari 3,5 juta pengguna Twitter memberikan suara dalam jajak pendapat, yang diluncurkan oleh Musk pada hari Sabtu (6/11), dengan hampir 58 persen memilih mendukung penjualan saham.

Pemungutan suara bisa membuatnya membuang hampir 21 miliar dolar AS saham di pembuat mobil listrik. Dia telah berjanji untuk mematuhi hasilnya, sebagai tanggapan atas 'pajak miliarder' yang diusulkan oleh Demokrat AS, dilansir di BBC, Senin (8/11).

Baca Juga

Tetapi Musk, salah satu orang terkaya di dunia, belum berkomentar secara terbuka tentang putusan tersebut, atau bagaimana dan kapan dia akan menjual sahamnya. Jika dia melanjutkan penjualan, itu bisa meninggalkan dia dengan tagihan pajak yang besar.

Ketika melepaskan kepemilikan saham besar, beberapa kepala eksekutif menggunakan apa yang disebut program penjualan 'buta', menyebarkan penjualan dalam jangka waktu yang lama untuk menghindari tuduhan perdagangan orang dalam.

Dalam cuitan sebelumnya pada hari Sabtu (6/11), Musk mengatakan dia tidak menerima gaji atau bonus dari perusahaannya. Ini berarti dia tidak memiliki penghasilan untuk membayar pajak penghasilan.

Tetapi dia telah menghasilkan miliaran dolar melalui paket kompensasi, yang memberinya kekuatan untuk menggunakan opsi saham dalam jumlah besar ketika perusahaan memenuhi target kinerja dan sahamnya mencapai harga tertentu.

Musk memiliki opsi, yang berakhir pada Agustus tahun depan, untuk membeli 22,86 juta saham Tesla masing-masing seharga 6,24 dolar AS, sebagian kecil dari harga penutupan saham Tesla pada hari Jumat (5/11) sebesar 1,222 dolar AS.

Di bawah rencana yang diusulkan oleh Partai Demokrat di Senat, miliarder dapat dikenai pajak atas keuntungan yang belum direalisasi, ketika harga saham mereka naik, bahkan jika mereka tidak menjual saham mereka.

Diperkirakan pajak yang diusulkan atas keuntungan modal, apakah aset telah dijual atau tidak, dapat mencapai sekitar 700 miliarder di AS. Kritikus telah menunjukkan bahwa nilai aset tidak selalu naik.

Jajak pendapat Twitter Musk baru-baru ini telah mengejutkan di dunia keuangan."Kami menyaksikan massa Twitter memutuskan hasil dari koin 25 miliar dolar AS," tulis investor Ventura Chamath Palihapitiya di Twitter.

"Menantikan hari ketika orang terkaya di dunia membayar pajak tidak bergantung pada jajak pendapat Twitter," kicau ekonom Berkeley, Gabriel Zucman.

Musk adalah salah satu pemimpin bisnis paling populer di Twitter, dengan hampir 63 juta pengikut. Dia secara teratur menggunakan platform tersebut untuk berbagi pembaruan dari perusahaan yang dia miliki, termasuk SpaceX dan Neuralink. Dia juga dikenal karena berbagi meme, menambah popularitasnya di kalangan penggemar.

Namun beberapa postingan menuai kontroversi. Awal tahun ini dia mencuit sebagai tanggapan atas klaim, yang dibuat oleh kepala Program Pangan Dunia PBB (WFP), bahwa hanya 2 persen dari kekayaan Musk yang dapat membantu mengatasi kelaparan dunia.

Pada bulan Oktober, Musk mengatakan dia akan menjual 6 miliar dolar AS saham Tesla dan menyumbangkannya ke WFP, asalkan organisasi itu bisa menggambarkan dengan tepat bagaimana 6 miliar dolar AS akan mengatasi kelaparan dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement